Pemilik Motor Yamaha Jangan Sakit Hati Isi Bensin di SPBU Ini

SPBU Pertamina berkonsep Green Energy Station.
Sumber :
  • Dok: Pertamina

VIVA – Setiap kendaraan bermotor yang masih mengandalkan mesin pembakaran, tentu membutuhkan bahan bakar minyak atau BBM agar bisa berjalan. Di Indonesia bahan bakar untuk kendaraan terbagi dua, yaitu bensin, dan solar.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Mengingat mesin kendaraan diciptakan berbeda-beda, maka kebutuhan BBM-nya pun tidak sama. Ditentukan berdasarkan kandungan oktan, atau RON agar mesin bisa bekerja lebih maksimal saat digunakan berjalan.

Untuk mendapatkan bahan bakar, pengguna kendaraan mengunjungi SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) terdekat. Hal yang sama dilakukan oleh pemilik sepeda motor ketika melakukan aktivitas sehari-hari.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

SPBU Pertamina di Aceh

Photo :
  • Screenshoot Instagram

Nah, masing-masing SPBU memiliki identitas berbeda-beda tergantung brand, misalnya Pertamina yang memiliki ciri khas kombinasi warna merah, putih, dan biru.

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Meski warna SPBU Pertamina sudah dikenal, namun ada beberapa perbedaan di setiap daerah yang jarang diketahui. Mengingat ada bahasa yang hanya dipahami oleh warga sekitar, dan akan membuat bingung pendatang.

Contohnya di wilayah Aceh, ada salah satu tempat pengisian bahan bakar pelat merah viral di media sosial, karena memberikan petunjuk kepada pengguna sepeda motor yang hendak mengisi BBM dengan tulisan di papan.

Melalui unggahan video Instagram @muhammad_agam, tulisan di papan tersebut untuk menujukkan jalur pengisian BBM pengguna sepeda motor. Namun bisa membuat warga yang tidak mengerti bahasa sehari-hari di Aceh bingung.

“Jalur Honda,” begitu isi tulisan di papan petunjuk tersebut.

Pengguna motor dari brand lain seperti Yamaha atau Suzuki misalnya, akan minder atau merasa terintimidasi jika berada di posisi tersebut. Terutama mereka yang tidak mengerti maksud dari kata ‘Honda’ tersebut.

Pria yang mengunggah video itu dengan leluasa meneruskan pengisian BBM meskipun motor yang digunakan Yamaha NMAX. Dia juga memberikan status, bahwa tidak semua orang mengerti dengan maksud dari tulisan tersebut.

“Yang paham saja,” tulis status postingannya.

Ternyata Honda yang dimaksud dari tulisan di SPBU itu adalah motor, di mana orang-orang Aceh sudah terbiasa dengan penyebutan tersebut. Artinya bukan nama brand, bahkan ada juga yang menyebut motor sebagai kereta.

“Iya memang dari dulu kalau orang-orang Aceh bilang motor itu Honda. Kurang tahu apa alasannya,” ujar Amin salah satu warga Kabupaten Pidie, Aceh yang tinggal di Jakarta saat dikonfirmasi Viva Otomotif, Senin 24 Januari 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya