Hot! Honda Vario 160 Diprediksi Meluncur Bulan Depan

Ilustrasi Honda Vario 160. Foto: Greatbiker.
Sumber :
  • Greatbiker.

VIVA – Sejak beberapa bulan terakhir, publik terus dibuat penasaran dengan kehadiran Honda Vario 160. Bahkan, sebagian pihak mengatakan, motor tersebut menjadi produk roda dua yang paling dinanti-nantikan kemunculannya di Indonesia.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Beberapa media otomotif di luar negeri memprediksi, Honda Vario 160 akan meluncur lebih dulu di Indonesia pada Februari 2022 mendatang. Menariknya, dugaan itu bisa saja benar. Sebab, PT Astra Honda Motor (AHM) telah menyebar undangan ke sejumlah media nasional untuk meliput produk baru di bulan tersebut.

Meski tak disebutkan modelnya, namun kesamaan waktu tersebut membuat peluncuran Honda Vario 160 terdengar masuk akal. Lebih lagi, PT AHM sudah tahu, kendaraan berjenis skuter matik itu sudah ditunggu-tunggu banyak konsumen di Indonesia.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

Honda Vario 160

Photo :

Diketahui, isu kemunculan Honda Vario 160 mulai beredar setelah pabrikan asal Jepang itu ketahuan menyiapkan produk baru dengan kode proyek ‘K2’. Kabarnya, kode tersebut mengarah ke skuter matik anyar, yakni Honda Vario 160.

Merek Sepeda Motor Bekas Paling Banyak Diburu Konsumen 2024

Saat ini, Honda Vario 150 yang dipasarkan di Indonesia memiliki kode proyek ‘K59J’, sedangkan Vario 125 berkode ‘K60R’. Kendati hanya sekadar dugaan, alias belum sepenuhnya pasti, konon kode dengan awalan ‘K2’ tersebut mengarah ke Honda Vario dengan mesin lebih besar.

Sayangnya, saat dikonfirmasi, PT AHM seakan-akan masih tertutup dengan informasi tersebut. Mereka hanya memastikan, saat ini masih fokus menjual Honda Vario 125 dan 125 di Indonesia.

Bocoran Fitur dan Spek Honda Vario 160

Menurut laporan Greatbiker, Honda Vario 160 disebut-sebut bakal berubah total dari segi tampilan. Misalnya pada bagian lampu depan dan belakang, fairing atau sayap yang dirancang lebih aerodinamis, serta ukuran ban yang kabarnya dibuat lebih besar.

Calon senjata baru Honda itu kemungkinan akan menggunakan rangka baru berjenis enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF yang membuat bobot kendaraan jauh lebih ringan dan nyaman dikendarai.

Honda Vario 160 kabarnya juga membawa fitur anyar yang belum tersedia di model sebelumnya, seperti sistem pengereman ABS, Honda Selectable Torque Control (HSTC), dan masih banyak lagi. Hal tersebut merupakan langkah penyempurnaan yang harus dilakukan pabrikan demi menjerat banyak konsumen baru.

Sementara untuk ruang pacu, sejumlah sumber menduga, Honda Vario baru bakal menggunakan mesin eSP+ empat klep dengan kapasitas 156cc dan rasio kompresi 12:1. Pembekalan tersebut  membuat kendaraan mampu menghasilkan tenaga maksimum 15,8 daya kuda dan torsi puncak 15 Nm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya