TVS Motor Kembangkan Sayap Hingga Benua Biru

Pabrik motor TVS
Sumber :
  • Indiatimes

VIVA – TVS Motor Company merupakan perusahaan asal India, yang berkecimpung dalam bidang pembuatan sepeda motor. Pabrikan otomotif tersebut berbasis di Chennai, dan menjadi produsen terbesar ketiga di negara tersebut dalam bidang kendaraan beroda dua.

Bicara Kasus yang Menyeret Sang Adik, Via Vallen: Berani Berbuat Harus Berani Bertanggung Jawab

Setiap tahunnya, TVS Motor bisa merakit lebih dari tiga juta unit untuk memenuhi kebutuhan pasar di dalam maupun luar negeri. Mereka juga punya pabrik di Indonesia, dan tergabung di dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI.

Salah satu produk kebanggaan mereka, yakni hasil kolaborasi mereka bersama BMW Motorrad yang diberi nama G 310 R dan G 310 GS. Kendaraan ini mengusung mesin satu silinder berkapasitas 313cc dan dipasarkan di banyak negara.

Buntut Kasus Penggelapan Motor, Via Vallen Makin Bongkar Tabiat Buruk Sang Adik

Setelah sukses di kawasan Asia, kini TVS Motor berencana untuk ekspansi hingga wilayah Eropa. Untuk mendapatkan kepercayaan di Benua Biru, mereka mengakuisisi Norton Motorcycle dan EGO Movement.

Norton dikenal sebagai salah satu produsen motor tertua di dunia, yang sempat disuntik mati namun kemudian dibangkitkan kembali tapi kembali mengalami masalah keuangan. Pada 2020, TVS Motor datang untuk mengakuisisinya.

Yamaha Kembangkan Sistem Transmisi Semi Otomatis di Moge, Tak Lagi Pegal Tarik Kopling

Selain Norton, mereka juga membeli saham EGO Movement yang merupakan startup motor listrik asal Swiss. Terbaru, mereka juga menjadi pemilik saham mayoritas dari Swiss E-Mobility Group yang bergerak dalam bidang sepeda listrik.

TVS Motor Company akuisisi saham SEMG.

Photo :
  • Dok: TVS

SEMG dikabarkan memproduksi dan melayani penjualan ritel e-bike terbesar di Swiss, dengan pendapatan mendekati US$100 juta atau setara Rp1,4 triliun. Beberapa merek sepeda yang dinaungi yakni Cilo, Simpel, Allegro, dan Zenith – Bikes.

“TVS Motor selalu berkomitmen untuk keberlanjutan, dan telah berinvestasi di dunia kendaraan listrik selama lebih dari 10 tahun,” ujar Chairman TVS Group, Venu Srinivasan melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Kamis 3 Februari 2022.

Joint Managing Director TVS Motor Company, Sudarshan Venu menuturkan bahwa pembelian 75 persen saham SEMG menunjukkan komitmen mereka untuk mengembangkan kendaraan ramah lingkungan.

“Akuisisi ini memperkuat komitmen TVS Motor terhadap produk kendaraan listrik. Kami memperkuat kehadiran kami di segmen e-bikes yang berkembang pesat,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya