Dilengkapi Speaker Motor Baru Ini Bisa Bikin Honda Vario Gerah

MITT GT-MAX 125
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Skuter matik masih menjadi penyumbang terbesar penjualan sepeda motor di Indonesia, setiap tahun jutaan unit motor jenis tersebut terjual. Sehingga populasinya lebih banyak dibandingkan motor bebek, atau sport.

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya

Mengingat punya pangsa pasar terbesar, tidak heran jika para produsen berlomba-lomba membuat motor jenis tersebut dengan desain berbeda-beda yang terbagi menjadi beberapa segmen sesuai harga, dan spesifikasi.

Di dalam negeri, skutik yang beredar di pasaran memiliki mesin bensin mulai dari 110cc sampai 500cc seperti halnya Yamaha TMAX, sebelumnya Honda sempat menjual matik dengan mesin 745cc, yaitu NM4 Vultus.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

Honda NM4 Vultus

Photo :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

Fitur-fitur yang berasarang di motor jenis tersebut disesuaikan dengan kebutuhan, dan harga. Namun sebagian besar, matik yang beredar di Indonesia tidak dilengkapi speaker, atau pengeras suara seperti mobil atau moge.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Diketahui ada beberapa moge yang memiliki speaker di pasar Tanah Air, yaitu Honda Goldwing, atau varian dari Harley-Davidson. Padahal di luar negeri, ada salah satu brand yang menciptakan skutik lengkap dengan speaker.

Yang menarik motor matik itu bukan termasuk golongan motor besar alias moge, meski secara desain dibuat gambot layiknya skutik bermesin besar. Motor yang dimaksud adalah MITT GT-MAX 125 untuk pasar Spanyol.

Seperti diberitakan Greatbiker, dikutip Viva Otomotif, Rabu 9 Februari 2022, pabrikan motor asal negeri matador itu membenamkan nama Grand Tourismo atau GT di produk terbarunya itu karena dirancang untuk perjalanan jauh.

Sehingga kenyamanannya pengendara diperhitungan saat berada di atas motor. Pada sektor kaki-kaki disematkan pelek alloy 14 inci pada bagian depan dibalut ban 120/80, dan pelek 13 inci di belakang dengan ban 130/70.

Artinya meski secara ukuran pelek belakang lebih kecil, namun tapaknya lebih lebar, bertujuar agar lebih nyaman ketika bermanuver. Menyesuaikan postur warga benua biru, ketinggian joknya mencapai 805 mili meter, dengn bobot 156 kilogram.

Desain bodinya dibuat ergonomis, meski sekilas mirip Kymco, namun secara dimensi lebih besar. Lalu yang membedakan dengan matik lain, GT-MAX 125 dilengkapi speaker pada bagian dashboard tengah dan terhubung ke sistem multimedia.

Dapur pacunya dipersenjatai mesin satu silinder tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal 11 dk di 8.000 rpm, dan torsi 10,8 Nm di 6.500 rpm.

Sekadar informasi, matik dengan mesin 125cc di Indonesia memiliki desain lebih ramping dan fitur yang tergolong standar. Sehingga jika GT-MAX hadir di pasar dalam negeri, bisa bikin Yamaha Lexi 125, atau Honda Vario 125 gerah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya