Tips Membeli Sepeda Motor Bekas yang Aman dan Bebas Masalah

Showroom motor bekas di Jakarta Selatan
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

VIVA – Membeli sepeda motor bekas menjadi pilihan bagi beberapa orang, karena harga yang lebih murah. Meski begitu, konsumen perlu ketelitian dan kesabaran untuk mendapatkan kendaraan yang tepat.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

Sebagai pembeli, tentu saja harus mengidentifikasi beberapa kelebihan maupun kekurangan. Mengingat, kuda besi tersebut tak tahu apa yang telah terjadi selama digunakan oleh pengguna pertama.

Untuk meminimalisir penipuan, ada tips mudah membeli motor bekas agar mendapatkan kondisi baik. Langkah pertama, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu harga pasaran yang diminati. 

6 Tips Super Mudah Agar Tetap Wangi Setelah Berolahraga Intensif

Diketahui, harga jual pasaran dipengaruhi dari tahun produksi motor, semakin muda tentu lebih mahal. Kedua, pastikan surat-surat kendaraan lengkap seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB), faktur, Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, dan pajak hidup.

Motor bekas.

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur
Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

Pemilik showroom Daweng Motor, Dian Khoirudin menjelaskan bahwa baginya surat-surat motor lebih penting ketimbang kondisi mesin.

“Kalau mesin bisa diperbaiki, sedangkan surat-surat gak bisa, susah untuk dibuat,” ujarnya kepada VIVA Otomotif, dikutip Selasa 1 Maret 2022.

Lebih lanjut, tahap pengecekan fisik bodi secara tampilan menjadi cukup penting. Dian memberitahu, bahwa alangkah baiknya untuk ketemu langsung dan periksa kendaraan, apa ada goresan atau penyok. 

“Akan lebih baik jika semua suku cadang yang terpasang pada motor, merupakan suku cadang bawaan atau orisinal,” tuturnya.

Jangan lupa untuk dicoba atau test ride pada kendaraan yang ingin dibeli. Melalui cara ini, pembeli akan tahu apakah ada kebocoran pada oli atau air radiator setelah motor berjalan di sela-sela mesin.

Selain itu, test ride dapat merasakan getaran kendaraan salah satunya dari setang, serta kinerja kelistrikan pada bagian lampu depan, belakang, sein, klakson, speedometer yang berfungsi dengan baik.

Khusus untuk mereka yang hendak menjual motor, Sales Admin Menteng Motor, Mei mengatakan bahwa sebaiknya menerima uang pembayaran dari konsumen dalam bentuk tunai untuk meminimalisir penipuan.

“Di showroom kami, apabila ada konsumen yang ingin membeli cash kami arahkan untuk datang langsung, sekaligus pengecekan kendaraan sepeda motor,” ungkap Mei.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya