Orang Kaya di Indonesia Akhirnya Punya Motor Matik Seharga Mobil

Italjet Dragster 200
Sumber :
  • VIVA/Jeffry

VIVA – Italjet Dragster adalah motor matik bertenaga buas buatan Italia, pertama kali hadir secara global dalam pameran EICMA (Esposizione Internazionale del Ciclo, Motociclo, Accessori), Milan pada 2018.

Skutik Matik Kuasai Pasar Mokas, Begini Nasib Motor Sport 150cc

Setelah hampir tiga tahun dipasarkan di beberapa neagara, Italjet Dragster akhirnya diperkenalkan di Indonesia pada April 2021 melalui PT Utomo International (Utomocorp) sebagai produsen resmi Italjet.

Sejak itulah orang-orang kaya bisa melakukan pemesanan unit, namun hanya untuk Dragster edisi spesial yang harganya mencapai Rp155 juta on the road. Artinya banderol motor matik asal negeri pizza itu setara mobil di kelas LCGC atau Low Cost Green Car.

Daftar Motor Matik Bekas Paling Laku di Pasaran

Italjet Dragster 200

Photo :
  • VIVA/Jeffry

Namun pengiriman unit ke konsumen baru dilakukan setelah hampir delapan bulan, atau tepatnya hari ini, Kamis 10 Maret 2022. Penyerahan pertama motor matik tersebut dilakukan di showroom Italjet yang berlokasi di SCBD, Sudirman, Jakarta.

Enaknya Jadi PNS, Baru Masuk Kerja Setelah Lebaran Dikasih Motor Baru

Chief Executive Officer Utomocorp, Denny Utomo mengatakan, khusus Dragster edisi spesial memiliki warna hitam doff dengan kombinasi emas magnesium. Di dunia hanya diproduksi 499 unit, dan untuk pasar Tanah Air tersedia 60 unit.

"Kami berhasil meyakinkan pihak prinsipal di Italia kalau pasar Indonesia punya potensi besar untuk pemasaran model ini. Sehingga kuota kami lebih banyak dibandingkan negara lain," ujar Denny di Jakarta, Kamis 10 Maret 2022.

Dipersenjatai mesin satu silinder DOHC berpendingin cairan 181cc, dengan diameter silinder 63 mili meter. Tenaga maksimal yang dapat disemburkan mencapai 17,5 dk di 8.000 rpm, dan torsi 15,5 Nm di 7.750 rpm yang disalurkan melalui transmisi matik CVT trapezoidal belt.

Untuk mendukung performanya, sektor kaki-kaki motor matik tersebut dibekali pelek alloy berukuran 12 inci di bagian depan dibalut ban 120/70, dan belakang 13 inci dengan ban 140/60. Yang unik adalah sistem peredam kejutnya, pada bagian depan pelek pada sisi kiri terikat dengan swing arm, dan sokbraker sekilas mirip Vespa lawas.

Demi menambah tingkat kenyamanan, sasis model tubular di bagian tengah terdapat sokbreaker dengan kemiringan 90 derajat. Serupa dengan monoshock belakang yang menempel dengan mesin, dan sasis. Lalu untuk sistem keamanan, pengeraman cakram yang memiliki ukuran piringan 200 mm depan, dan belakang 190 mm.

Pengereman tersebut dikombinasikan dengan kaliper lansiran Brembo, dan teknologi ABS atau anti-lock braking system.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya