Yamaha Meluncurkan Motor Listrik yang Canggih

Yamaha Neo
Sumber :

VIVA – Yamaha meluncurkan motor listrik sebagai motor masa depan, yang nantinya sebagai penunjang kebutuhan mobilitas. Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Ride Apart, Senin 14 Maret 2022, Yamaha Neo ini adalah merupakan motor listrik pertama yang dirilis Yamaha di Eropa.

BYD Tak Akan Terjun ke Dunia Sepeda Motor

Motor listrik keluaran Yamaha ini bernama Neo, yang hadir dengan dukungan motor listrik 2,5 kW penggerak langsung yang dipasang di hub, yang oleh Yamaha disebut sebagai Yamaha Integrated Power Unit (YIPU).

Yamaha ini dibekali dengan baterai lithium-ion 50.4V/19.2Ah tunggal, yang terletak di bawah jok. Beratnya hanya 8 kilogram, Yamaha mengklaim bahwa  motor listrik dari Yamaha Neo ini bisa menghasilkan torsi maksimal 136 Nm.

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

Nah, agar jarak tempuhnya bisa lebih jauh, Yamaha menyarankan agar pemilik Yamaha Neo memasangkan paket baterai kedua opsional, yang berada tepat di sebelah baterai pertama.

Yamaha Neo

Photo :
Motor Listrik Honda Sudah Dijajal Ratusan Pengunjung PEVS 2024

Satu baterai bisa menempuh jarak 37 kilometer, jika baterainya dipasang dua jadi jarak tempuhnya bisa mencapai 68 km. Baterai tersebut nantinya akan dikembangkan sendiri oleh Yamaha,

Setiap Neo dilengkapi dengan pengisi daya baterai portabel, yang dicolokkan langsung ke stopkontak listrik rumah tangga biasa, dan akan mengisi daya satu baterai Neo dalam waktu sekitar delapan jam.

Neo hadir dengan dua mode kendaraan, yakni STD, yang menawarkan output daya lebih tinggi dari keduanya pada 2,06kW pada 40 km/jam (sekitar 24,8 mph), dan ECO, yang mengurangi daya hingga 1,58kW pada 30 km/jam (sekitar 18,64 mpj).

Berkat motor penggerak langsungnya yang sangat senyap, Yamaha mengklaim angka kebisingan Neo yang diukur dari jarak tujuh meter hanya menghasilkan 55 desibel.

Yamaha Neo hadir dengan konektivitas smartphone melalui aplikasi smartphone MyRide. Motor listrik ini dilengkapi dengan panel instrumen LCD untuk menjaga informasi tetap jelas dan sederhana.

Uniknya ketika daya baterai sudah hampir habis, muncul ikon kura-kura pada meter cluster Yamaha Neo, untuk memberikan peringatan atau mengingatkan pengendara.

Yamaha Neo juga sudah hadir dengan fitur keyless, rem cakram untuk bagian belakang dan depan, low rolling-resistance tires dan area footboard yang luas berkat lokasi baterai di bawah jok daripada di bawah kaki.

Untuk tahun 2022, Yamaha Neo akan ditawarkan di seluruh Eropa dan Inggris dalam pilihan warna Milky Pearl atau Midnight Black, dengan keduanya menampilkan warna 'Aqua' baru Yamaha, yang didedikasikan untuk model listriknya, pada penutup baterai, dan harga mulai dari £ 3.005 atau sekitar Rp 56 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya