Ini Tikungan Favorit Joan Mir di Sirkuit Mandalika

Pembalap Suzuki, Joan Mir
Sumber :
  • Twitter/@JoanMirOfficial

VIVA – Joan Mir menjadi salah satu pembalap motor, yang membela Team Suzuki Ecstar MotoGP. Pemuda kelahiran 1997 itu saat ini sedang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti ajang MotoGP Mandalika.

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Pemuda asal Spanyol tersebut siang ini akan memulai sesi kualifikasi, bersama dengan rekannya Alex Rins dan para pembalap lain seperti Marc Marquez dan Fabio Quartararo.

Suasana Sirkuit Mandalika hari ini cerah, tidak seperti kemarin di mana hujan mengguyur dan membuat akses penonton ke sirkuit menjadi becek.

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

Saat berjumpa dengan media dan tim dari PT Suzuki Indomobil Sales tadi malam, banyak hal yang diungkapkan Joan Mir terkait pengalamannya selama berada di Indonesia.

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir saat bertemu dengan awak media di Mandalika.

Photo :
  • Twitter @suzukimotogp
Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Ia juga mengaku, punya satu tikungan favorit di lintasan yang memiliki nama lengkap Mandalika International Street Circuit tersebut.

“Tikungan favorit saya yakni nomor 16, tepat sebelum tikungan terakhir,” ujarnya di JM Hotel, Lombok, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 19 Maret 2022.

Pemuda yang dinobatkan menjadi Juara Dunia MotoGP 2020 itu mengatakan, alasan suka dengan belokan tersebut karena belum pernah menemukan yang seperti itu sebelumnya.

“Di titik itu sudutnya panjang dan cenderung lambat, hanya pakai gigi satu tapi bisa menikung dengan cukup tajam,” tuturnya.

Spesifikasi Motor dan Lintasan

Joan Mir akan menggeber motor Suzuki GSX-RR baru di Sirkuit Mandalika. Kuda besi ini memiliki dimensi panjang 2.096 milimeter, lebar 720 mm dan tinggi 1.140 mm.

Jantung pacunya mengandalkan mesin empat silinder berkapasitas 1.000cc, yang mampu menghasilkan 240 daya kuda. Dengan bobot 157 kilogram, motor mampu melaju hingga kecepatan 340 kilometer per jam.

Ia dan para pembalap lainnya akan menyusuri lintasan sepanjang 4,3 kilometer, yang memiliki 17 tikungan. Mereka akan memutari sirkuit sebanyak 27 kali. Ajang balap MotoGP Mandalika akan dimulai pada Minggu 20 Maret mulai pukul 14.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya