Pembalap MotoGP: Sirkuit Mandalika Lebih Baik dari Sirkuit Portugal

Sirkuit Mandalika, NTB.
Sumber :

VIVA – Joan Mir pembalap pabrikan Suzuki, menilai Sirkuit Mandalika lebih baik jika dibandingkan dengan sirkuit Autodromo Internacional do Algarve, Portugal. Penilaian tersebut ketika sirkuit dalam kondisi basah, pasalnya MotoGP seri Portugal digelar dalam kondisi hujan.

Maverick Vinales Cetak Sejarah yang Tak Pernah Diraih Valentino Rossi, Ada Andil Suzuki

Hal tersebut membuat banyak pembalap kesulitan mengendalikan motor, pasalnya kontur lintasan sirkuit Algarve tidak rata. Kondisi sirkuit seperti roller coaster membuat tantangan tersendiri, bagi pembalap untuk menaklukkan sirkuit. Makanya menurut Joan Mir, trek Algarve jauh lebih buruk dibandingkan Mandalika ketika basah.

“Tentu saja harus kita akui bahwa kondisi lintasan di sini mungkin lebih buruk daripada di Mandalika. Bagi saya, yang penting saat ini bukan melihat tim lain, tapi tetap fokus untuk balapan sendiri," bilang Joan Mir dikutip VIVA Otomotif dari Motosan, Selasa 26 April 2022.

Valentino Rossi Gagal, Maverick Vinales Sukses

Makanya Joan Mir menegaskan tak ada masalah dengan GSX-RR saat berkendara dalam kondisi basah, hanya saja trek yang tak sepenuhnya mengering. Bahkan, ada beberapa titik dengan genangan air terlalu dalam yang membahayakan pembalap.

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Joan Mir di MotoGP Mandalika.

Photo :
  • Dok: Suzuki-Racing
Meyakini Kebangkitan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2024

Menurutnya, jika hujan deras turun ketika balapan, maka itu akan sangat berbahaya karena bisa terkena efek aquaplaning.

Padahal menurut Joan Mir, sebenarnya hujannya tidak terlalu besar, tapi Joan Mir melihat di beberapa bagian trek, aspal tidak mampu mengalirkan air dengan baik sehingga tetap berada di lintasan dan bisa menyebabkan aquaplaning.

"Saya pikir kami belum pernah balapan di sirkuit dalam kondisi seperti ini. Kami pernah balapan di kondisi basah di masa lalu, tapi treknya tidak pernah sebasah ini. Saya terkejut, saya tidak mengharapkannya. Jika hujan lebih besar, itu bisa menjadi berbahaya," bebernya.

Ketika MotoGP mengunjungi Mandalika pada Maret lalu, genangan air juga terdapat di beberapa titik trek, namun tak berada di racing line. Sehingga tidak terlalu membahayakan para pembalap ketika memacu motornya dengan kencang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya