Diam-Diam Honda Siapkan Motor untuk Melawan Yamaha XMAX

Yamaha XMAX
Sumber :

VIVA –Ternyata Honda secara diam-diam sedang menyiapkan motot matik, dengan bodi gambot yang gagah dengan kapasitas mesin 250cc, yang siap melawan Yamaha XMax.

Daftar Motor Matik 250cc Terbaru di Indonesia, Mulai Rp60 Jutaan

Jika dilihat dari paten motor baru Honda yang terdaftar di dalam Berita Resmi Desain Industri No.8/DI/2022 yang dirilis Direktorat Jenderal Kekayaan Inrelektual Kementerian Hukum dan HAM, dikutip VIVA Otomotif Selasa 17 Mei 2022.

Motor Honda tersebut ternyata  didaftarkan oleh Honda Motor Co., LTD, dengan pendesain empat orang berkebangsaan Jepang. Nah jika dilihat dari tampilannya, motor tersebut mirip dengan Honda ADV 350 yang sudah dijual di Eropa.

Motor Yamaha Xmax Baru Siap Meluncur, Bakal Ganggu Penjualan Honda Forza

Motor tersebut, berkapasitas mesin 330cc, namun jika di Indonesia dijual dengan kapasitas mesin di atas 300cc, kemungkinan harganya akan lebih mahal.

Bocoran motor matik baru, yang disebut-sebut Honda ADV 250.

Photo :
  • Tangkapan layar
Buatan Pulogadung, Mesin Yamaha XMAX Baru Lebih Ramah Lingkungan?

Karena menurut Peraturan Pemerintah No. 73 Tahun 2019 menyatakan bahwa sepeda motor dengan mesin lebih dari 250 cc sampai dengan 500 cc, dikenakan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) sebesar 60%.

Jadi jika Honda mendatangkan ADV 350 dengan mesin 330 cc, berarti harganya akan lebih tinggi dengan pengenaan PPnBM.

Sehingga untuk masuk di pasar Indonesia, kemungkinan Honda ADV itu menggunakan mesin 250cc, supaya harganya tidak terlalu mahal dan bisa menggunakan mesinnya Honda Forza, sehingga bisa memangkas biaya produksi.

Pasalnya, Honda Forza hadir di Indonesia juga pakai mesin 250 cc. Selain itu Honda juga terbiasa menggunakan satu mesin untuk beberapa model motor yang dijual di Indonesia.

Seperti Honda PCX 160 dan Vario 160 yang keduanya menggunakan mesin yang sama, tak hanya itu Honda Genio, Honda BeAT dan Honda Scoopy, juga pakai meein yang sama.

Belum lagi Vario 150, PCX 150, serta ADV 150. Jadi mesin sama dengan bodi yang beda-beda pada sepeda motor Honda beberapa kali dilakukan. Sehingga tak menutup kemungkinan Honda ADV350 ini akan menjadi Honda ADV 250 dengan mesin menggunakan Honda Forza.

Apalagi mesin Honda Forza 250 terbilang cukup mumpuni, mesin tersebut dibekali jantung mekanis eSP+, 4 katup berkapasitas total 249 cc. Mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal hingga 23,1 PS pada 7.750 rpm dan torsi maksimal 24 Nm pada 6.250 rpm.

Nantinya Honda ADV250 ini akan bersaing dengan Yamaha XMAX dan Kymco Downtown 250i. Tapi sayangnya saat ini Honda Forza 250 dibanderol Rp84 jutaan lebih mahal dari Yamaha XMAX yang dijual debgan harga Rp62 jutaan. Sehingga agar Honda ADV250 bisa memikat hati calon konsumen, dari segi harga juga harus kompetitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya