Keluar dari MotoGP Suzuki Bisa Selamatkan Uang Ratusan Juta Euro

Pembalap Team Suzuki Ecstar, Alex Rins di MotoGP Mandalika.
Sumber :
  • Dok: Suzuki-Racing

VIVA – Suzuki telah resmi meninggalkan MotoGP, pada musim depan. Itu artinya musim 2021 ini adalah musim terakhir Suzuki balapan di MotoGP. Informasi keluarnya Suzuki dari MotoGP memang cukup mengejutkan, karena Suzuki masih terikat kontrak dengan Dorna Sport hingga tahun 2026. 

Sukses Gelar MotoGP, Sirkuit Mandalika Jadi Magnet Pariwisata Olahraga

Faktor ekonomi yang menjadi kendala bagi Suzuki, untuk terus mengikuti balap motor paling bergengsi di dunia ini. Menurut perhitungannya, dengan kondisi seperti sekarang Suzuki menganggap mustahil untuk melanjutkan petualangannya di MotoGP, makanya mereka memutuskan untuk berhenti untuk menghemat pengeluaran.

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Speedweek, Kamis 19 Mei 2022, Suzuki bisa menghemat jutaan dolar dalam kurun waktu empat tahun ke depan. Setiap tahunnya Suzuki bisa mengeluarkan duit sebesar 30 hingga 40 juta Euro, artinya sampai tahun 2026 nanti Suzuki bisa mengeluarkan duit sebesar 200 juta euro.

Seperti Rossi, Marc Marquez Sadar Jika Pedro Acosta Berpeluang Juara Dunia

Padahal pada tahun 2022 saja, Suzuki sudah mengeluarkan biaya 40 juta euro, untuk kebutuhan di MotoGP. Suzuki menilai uang yang dikeluarkan sebanyak 160 juta Euro di MotoGP, dalam kurun waktu empat tahun ke depan.

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins

Photo :
  • AP Photo/Achmad Ibrahim
Suzuki Luncurkan Skuter Matik Baru Rp24 Jutaan

Tapi Suzuki masih harus bersaing ketat dengan pabrikan lain seperti Yamaha, Honda, Aprilia, KTM dan Ducati. Selain itu  pada empat tahun ke depan, Suzuki juga belum bisa memastikan diri untuk menjadi juara dunia, sementara biaya untuk gaji pembalap setiap tahunnya naik. 

Ketika Suzuki keluar dari MotoGP, maka uang sebesar 160 juta euro itu bisa dimanfaatkan Suzuki untuk melakukan riset dan pengembangan, seperti kendaraan ramah lingkungan. Apalagi divisi roda dua Suzuki, pada tahun-tahun belakangan ini minim inovasi konsep, fitur juga model baru.

Akhirnya penjualannya di seluruh dunia mengalami penurunan yang signifikan, selain itu pada segmen motor sport dalam beberapa tahun belakangan Suzuki kalah penjualannya dari Ducati, KTM dan BMW.

Pasalnya kini menang pada hari Minggu dan bisa jualan pada hari Senin, sudah tidak berlaku lagi untuk pabrikan Jepang. Tapi perkiraan Suzuki bisa irit 160 juta euro tadi, belum dipotong denda yang akan ditagih Dorna Sports sebagai promotor MotoGP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya