Gak Nyangka Ini Motor yang Jadi Saksi Perjalanan Iko Uwais

Iko Uwais dengan Yamaha NMAX
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Aktor Iko Uwais dilaporkan ke polisi oleh seseorang bernama Rudi, atas tuduhan pengeroyokan. Kasus tersebut dilatarbelakangi adanya pengerjaan desain interior yang disepakati dua belah pihak dengan nilai Rp300 juta.

Adik Via Vallen Dilaporkan ke Polisi terkait Dugaan Penggelapan Sepeda Motor

Suami Audi Item itu juga sudah melaporkan balik atas tuduhan tersebut. Namun di luar permasalahan yang dialaminya, hal menarik dari sisi otomotif adalah ketertarikan Iko Uwais dengan sepeda motor.

Pemeran Rama dalam film The Raid itu pernah mengaku bahwa Yamaha Vega R adalah salah satu motor pertama yang dibeli untuk kendaraan sehari-hari. Hal itu terungkap saat dirinya menjadi bintang iklan Yamaha Indonesia.

Viral Motor Matik Diisi Minyak Kayu Putih Campur Bensin, Ini Kata Pakar

“Yamaha itu modelnya keren-keren, dan stylish. Saya sudah pakai sejak 2007 dengan Vega R, kemudian beli lagi Lexi di 2018, dan sekarang punya All New NMAX,” ujarnya dikutip dari keterangan resminya, 30 Agustus 2021. 

Mengutip dari sejumlah sumber, pabrikan motor berlambang garpu tala itu pertama kali meluncurkan Vega pada 1999. Motor bebek tersebut memanfaatkan mesin 105cc warisan Crypton, dengan bodi serupa F1Z-R.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Memasuki 2006, Yamaha Vega R pertama kali muncul. Demi menghemat ongkos produksi, mesinnya serupa dengan Jupiter Z, yakni 110cc. Sukses menyedot perhatian masyarakat karena bahan bakarnya yang cukup irit.

Merangkum dari beberapa platform jual beli online, harga bekas motor bebek yang pernah menemani perjalanan Iko Uwais itu hanya Rp4-5 juta, tergantung kondisinya.

Mengingat penjualannya saat itu masih menjanjikan, maka Yamaha Indonesia terus memberikan penyegaran pada motor bebek andalannya tersebut. Generasi  terbarunya saat ini memiliki  desain lebih moderen dengan nama Vega Force.

Dipersenjatai mesin 115cc injeksi, dengan tenaga maksimal 8,5 dk di 7.000 rpm, dan torsi 9,53 Nm di 5.500 rpm, yang disalurkan melalui transmisi manual 4-percepatan non kopling. Kapasitas tangki bahan bakarnya empat liter.

Motor dengan rangka tipe backbone itu masih mengandalkan suspensi depan teleskopik, dan bagian belakang dua sokbreker lengkap dengan swing arm. Dipadukan velg racing 17 inci dibalut ban 70/90 depan, dan belakang 80/90.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya