Motor Canggih Ini Dirancang Khusus untuk Polisi

Motor listrik CFMoto 300GT-E
Sumber :
  • Livingwithgravity

VIVA – Dalam menjalankan tugas sehari-hari, beberapa petugas polisi membutuhkan kendaraan baik roda empat maupun dua. Biasanya, unit yang dipakai diambil dari model yang dipasarkan secara umum oleh pabrikan otomotif.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Namun, ada juga sepeda motor yang dirancang khusus untuk digunakan oleh para penegak hukum, yang dibuat oleh CFMoto dan diberi nama 300 GT-E.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Electrek, Kamis 22 Juni 2022, perusahaan asal China itu menghadirkan kuda besi yang ramah lingkungan, dan dibuat spesial untuk dipakai oleh kepolisian di Negeri Tirai Bambu.

Kalau Mau Damai, Atalarik Syach Kasih Syarat Ini ke Tsania Marwa

Desainnya mirip dengan motor gede atau moge berjenis touring pada umumnya, lengkap dengan fairing dan penahan angin berukuran besar di bagian depan.

Motor listrik CFMoto 300GT-E

Photo :
  • Livingwithgravity
Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

CFMotor 300 GT-E diklaim memiliki kemampuan, setara dengan moge yang menggunakan mesin berkapasitas 300-400 cc. Meski demikian, kecepatan maksimalnya hanya bisa hingga 120 kilometer per jam saja.

Sumber dari tenaga dipercayakan pada dinamo berkekuatan 18 kilo Watt, yang dapat menghasilkan torsi besar. Tidak disebutkan berapa kapasitas baterainya, namun motor ini diklaim dapat mencapai jarak 150 kilometer sebelum harus diisi ulang daya listriknya.

Sayangnya, bobot dari motor ini mencapai 224 kilogram sehingga petugas yang mengendarai harus belajar mengendalikannya jika ingin bisa menembus kemacetan dengan lincah.

Panel instrumennya sudah digital, sementara suspensi depan memakai model upside down dan dibekali sistem Antilock Braking System atau ABS buatan Bosch.

Karena difungsikan sebagai motor patroli, maka peralatan standar seperti sirine dan lampu rotator sudah tersedia lengkap. Bahkan, ada juga peta digital dan peranti komunikasi agar selalu terhubung dengan kantor untuk menerima dan mengirim informasi.

Tidak disebutkan berapa harga dari motor ini, namun kabarnya unit akan mulai digunakan di China dalam waktu dekat. CFMoto juga berencana menghadirkan versi sipilnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya