Kaget Lihat Angka Penjualan Motor Bulan Lalu

Pekerja pabrik motor Honda merakit skuter matik Scoopy
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA – Sepeda motor masih menjadi alat transportasi andalan masyarakat Indonesia, baik yang berada di daerah maupun perkotaan.

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan

Menurut data dari Korps Lalu Lintas Polri, saat ini jumlah kendaraan bermotor roda dua di Indonesia yang registrasinya masih aktif yakni sebanyak lebih dari 118 juta unit.

Setiap tahun, lima pabrik motor di Tanah Air bisa mengirim 5-6 juta unit ke diler-diler mereka yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Namun, pada Mei lalu angkanya mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Daftar Lengkap Promo Sepeda Motor Honda Usai Lebaran

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, Senin 27 Juni 2022, jumlah kuda besi yang dikirim lima pabrik kendaraan roda dua ke diler-diler mereka pada Mei tercatat 248.235 unit.

Jumlah itu lebih rendah 43 persen, jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang diketahui sebanyak 439.472 unit. Pengiriman unit motor pada bulan Mei, menjadi yang paling rendah di tahun ini.

Penjualan Motor Bulan Maret Naik, Total Sudah Laku 1,7 Juta Unit Sepanjang 2024

Sementara itu, angka paling besar diperoleh pada Maret, di mana kala itu ada lebih dari 450 ribu unit sepeda motor yang dikirim ke diler-diler.

Apabila dilihat dari jenisnya, maka skuter matik masih mendominasi dengan pangsa pasar 86,87 persen. Hal ini tidak mengherankan, karena desainnya menarik serta mudah dikendarai sehingga disukai oleh banyak orang.

Posisi dua motor terlaris dihuni oleh jenis bebek atau underbone, dengan pangsa pasar 6,99 persen. Angkanya terpaut tipis dengan model motor sport, yang mengisi 6,14 persen dari total penjualan motor di Indonesia hingga Mei tahun ini.

Sebagai informasi, ada lima merek motor yang tergabung dalam AISI, yakni Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya