Honda PCX Bekas Lebih Laku dari ADV 150, Harganya Bikin Kaget

Proses produksi motor Honda PCX 150
Sumber :
  • AHM

VIVA Otomotif – Setiap brand kendaraan memiliki cara serupa dalam menghemat ongkos produksi, yaitu memanfaatkan satu mesin untuk dijadikan berbagai macam model dengan desain berbeda-beda, sesuai kebutuhan pasar.

Terpopuler: Daftar Pajak Tahunan Toyota Fortuner, Duel Yamaha Nmax vs Honda PCX Bekas

Seperti yang dilakukan Honda motor buatannya yang dijual di Indonesia. Tercatat ada tiga model yang memiliki jantung pacu serupa, yaitu PCX, Vario, dan ADV di mana ketiga motor itu memiliki desain berbeda.

Honda ADV 150 meluncur di GIIAS 2019.

Photo :
  • VIVA/Indra
Duel Yamaha NMAX vs Honda PCX di Pasar Motor Bekas, Siapa Paling Laris?

Di awal kemunculannya Honda PCX, Vario, dan ADV mengandalkan mesin satu silinder dengan empat katup berkapasitas 150cc dilengkapi pendingin cairan. Kini mesin tersebut digantikan dengan volume lebih besar.

Setelah PCX 160, dan Vario 160 hadir, PT Astra Honda Motor sebagai produsen akhirnya merilis ADV 160 baru-baru ini. Matik bergaya petualang tersebut memiliki penampilan lebih moderen, dengan bodi yang lebih besar.

Honda PCX dan Yamaha Nmax Dapat Saingan Baru

Lampu utamanya dilengkapi LED, dan daytime running light.  Dipadukan sepatbor yang terinspirasi dari moge, menariknya winscreen pada bagian depan dengan tinggi 75 mili meter memiliki dua tingkat pengaturan.

Tinggi jok menjadi 780 mm, artinya lebih rendah dari 15 mm dari versi sebelumnya. Namun ground clearance cukup tinggi, yaitu menjadi 165 mm.

Pada sektor kaki-kaki, suspensi depan model teleskopik, dan belakang ganda tabung. Pelek depan dibuat lebih tinggi dengan ukuran 14 inci dibalut ban 110/80, dan belakang 13 inci dengan ukuran ban 130/70 dual purpose.

Mesin terbaru yang dimiliki ketiga motor matik tersebut mengandalkan satu silinder berdiamater 60 mm dengan kapasitas 156,9cc, berteknologi eSP+.

Soal harga dari semua matik buatan lokal itu, ADV 160 paling mahal. Banderol matik bergaya petualang itu Rp36 juta tipe CBS, dan Rp39,250 juta tipe ABS. Sedangkan PCX 160 Rp32,079 juta tipe CBS, dan ABS Rp35,510 juta.

Hal serupa diterapkan saat kedua motor matik tersebut masih mengandalkan mesin 150cc. Namun meski barunya lebih mahal, namun dalam kondisi bekas ADV 150 lebih murah dari PCX 150.

Pemilik showroom Dori Motor, Ahmad mengatakan, harga bekas PCX lebih tinggi dibandingkan ADV jika dikomparasi dengan tahun produksi, tipe, dan kondisi motor yang serupa. Hal itu dipengaruhi dari jumlah peminatnya.

“Peminat PCX 150 bekas lebih banyak dari ADV 150, sehingga harganya lebih mahal. Untuk PCX 150 tahun 2019 harganya sekarang masih ketemu Rp27 juta, kalau ADV dengan kondisi paling bagus dan kilometer rendah Rp26 juta,” ujar Ahmad kepada Viva, Rabu 6 Juli 2022.

Menurutnya banderol motor matik adventure itu bisa berbeda tipis dari PCX, karena konsumen pedagang membelinya dengan harga tinggi sesuai penawaran pemilik pertama.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya