Selisih Rp24 Juta, Ini Beda Aprilia SRT GT 200 dan Honda ADV 160

Aprilia SR GT 200
Sumber :
  • VIVA/M Indra Nugraha

VIVA Otomotif – Aprilia baru saja melucurkan skutik bergaya petualang pada Sabtu 16 Juli 2022 lalu, yakni Aprilia SR GT 200. Skutik dari Italia itu digadang-gadang menjadi pesaing kuat bagi Honda ADV 160 yang juga belum lama ini mengaspal di Tanah Air.

Duel Yamaha NMAX vs Honda PCX di Pasar Motor Bekas, Siapa Paling Laris?

Honda menawarkan dua varian untuk ADV 160. Untuk tipe Honda ADV 160 CBS ditawarkan seharga Rp36 juta on the road Jakarta, sementara tipe ABS ditawarkan dengan harga Rp39 juta on the road Jakarta.

Sedangkan Aprilia membanderol Aprilia SR-GT 200 Rp60 juta on the road DKI Jakarta untuk yang tipe standar. Sedangkan tipe Sport dengan banderol Rp61,5 juta OTR DKI Jakarta.

Suzuki Access 125 Facelift Bakal Meluncur dengan Gaya Skutik Italia

Dengan selisih Rp24 juta, mana yang cocok untuk diboyong penggemar skutik premium? Memang kapasitas kubikasi dari Aprilia SR GT 200 lebih besar dari Honda ADV 160.

Motor New Honda ADV 160 Resmi Meluncur di Indonesia

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Honda PCX dan Yamaha Nmax Dapat Saingan Baru

Mesin
Bicara soal mesin, Aprilia SR GT-200 dibekali mesin i-get berkapasitas 174cc satu silinder. Mesin tersebut hasilkan tenaga sebesar 13 tenaga kW pada 8.500 rpm dan torsi 16,5 Newton meter pada 7000 rpm.

Sedangkan Honda ADV 160 dibekali mesin eSP+ berkapasitas 156,9cc. Mesin itu menghasilkan tenaga 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Dimensi
Soal dimensi memiliki ukuran Honda ADV 160 1.950 x 763 x 1.196 mm serta jarak sumbu roda 1.324 mm. Sedangkan Aprilia SR-GT 200 memiliki dimensi 1.920 x 765 x 799 mm serta jarak sumbu roda 1.350 mm.

Aprilia SR GT 200

Photo :
  • VIVA/M Indra Nugraha

Fitur
Mesin ADV 160 disematkan fitur Hydraulic Cam Chain Tensioner. Komponen yang berfungsi menjaga kekencangan rantai keteng ini sekarang tidak lagi mengandalkan per untuk menekan. Sebagai gantinya untuk menekan rantai keteng, tensioner mengandalkan tekanan dari oli mesin.

Teknologi lain yang disematkan adalah Honda Selectable Torque Control atau disingkat jadi HSTC. Fitur ini memungkinkan ECU mengatur torsi yang dialirkan ke roda belakang untuk menghindari slip di jalan licin.

Lalu fitur lainnya di ADV 160 seperti Digital Panel Meter, USB Charger in Console Box, Smart Key System, Extra Luggage Box, hingga sistem rem ABS dan wavy disc brake.

Pada Aprilia SR GT 200 terdapat USB Charging Port, handlebar lebar, dashboard LCD, lampu LED di depan dan belakang. sistem pengereman memakai cakram berukuran 260 milimeter di depan dan 220 mm di roda belakang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya