Kawasaki Ninja Baru Segera Hadir, Mesin dan Tenaganya Mengejutkan

Desain digital Kawasaki ZX-4R
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA Otomotif – Kawasaki Ninja ZX-25R pertama kali hadir di Tokyo Motor Show Jepang pada 2019, lalu resmi meluncur di Indonesia pada Juli 2020. Motor sport baru itu berhasil membius masyarakat dengan spesifikasi yang dimilikinya.

Kendarai Sepeda Motor Baru, Pelajar SMA di Brebes Terlindas Truk 

Bahkan di awal kemunculannya, konsumen rela antre sejak dini hari di diler Kawasaki di kawasan Jakarta Pusat untuk melakukan pemesanan Ninja ZX-25R yang pertama kali.

Kawasaki Ninja ZX-25R

Photo :
  • dok. Kawasaki
Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur


Detik-Detik Wanita ODGJ Ngamuk Rusak Minimarket di Bekasi, Pemotor Dipukuli
Bukan hanya di Indonesia, mesin 250cc empat silinder pada ZX-25R juga menyedot perhatian global, sehingga pabrikan motor dengan julukan geng hijau itu percaya diri untuk mengembangkan produk lain dengan empat piston.

Berdasarkan informasi Greatbiker, dikutip, Jumat 5 Agustus 2022, jenama asal Jepang tersebut diduga sedang mempersiapkan Kawasaki ZX-4R, jika melihat dari kode angka di belakangnya maka mesinnya akan lebih besar.

Kawasaki Ninja ZX-4R itu akan menggendong mesin segaris 400cc DOHC. Yang istimewa, dapur pacu motor sport baru itu didukung empat silinder 16 katup dengan sistem pengabutan injeksi. Lantas gimana tenaganya?

Masih menurut sumber yang sama, media asal negeri sakura, yaitu autoby telah memberitakan bahwa tenaga yang disemburkan dari enjin tersebut di atas 60 daya kuda. Didukung transmisi manual kopling enam percepatan.

Kabarnya tenaga, dan torsi yang dihasilkan akan jauh lebih besar dari Ninja 650 dengan mesin 650cc dua silinder. Mesin yang dikembangkan dari ZX-25R itu tentu memiliki diameter piston lebih besar, namun secara teknoligi serupa.

Berkat penyesuaian mesin tersebut, maka bobot keseluruhan dari ZX-4R dikatakan akan lebih berat 20 kilogram dari Ninja 250 empat silinder.

Sebelum resmi mengaspal, desain digital buatan para kreator roda dua menjadi perbincangan. Secara keseluruhan bentuk motor sport terbaru itu masih mirip Ninja ZX-25R, mempertahankan garis serba tajam.

Yang agak berbeda dari gambar tersebut terlihat bentuk fairingnya dibuat lebih minimalis, dengan kisi-kisi lubang udara yang besar di bagian fairing untuk mendinginkan mesin, untuk suspensi depan sudah upside down.

Sektor keamanannya, pengereman depan cakram ganda dengan ukuran piringan, dan kaliper yang besar hampir menutupi pelek. Saluran pembuangan alias knalpot desainnya dibuat berbeda dengan adik kandungnya.

Terkait fitur-fitur yang akan disematkan, diduga serupa dengan ZX-25R. Salah satunya tersedia KTRC atau Kawasaki  Traction Control untuk mengendalikan putaran ban agar tidak selip, freewheel protection yang memiliki tiga pengaturan.

Kemudian sistem assist slipper clutch, serta quick shifter agar pengoperasian transmisi manualnya lebih responsif tanpa campur tangan kopling saat menaikkan, atau menurunkan gigi. Ditambah power mode, atau gaya berkendara dua pilihan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya