Motor Listrik Ini Mirip Honda Forza, Harganya Murah

Motor Volta Honda Forza.
Motor Volta Honda Forza.
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Honda Forza menjadi salah satu motor, yang masuk ke dalam segmen skuter matik dan digandrungi oleh banyak orang. Desainnya yang modern dipadukan dengan performa mesin cukup besar, membuat model ini jadi buruan para biker.

Untuk membawa pulang kuda besi tersebut konsumen harus merogoh kocek yang dalam. PT Astra Honda Motor membanderolnya Rp90 jutaan, sudah on the road DKI Jakarta.

Namun, kini ada versi murahnya yang wujud dan penampilannya sangat mirip dengan Honda Forza. Namun, kendaraan yang satu ini bukan untuk orang dewasa melainkan anak-anak.

Produk yang dimaksud adalah Volta Honda Forza, yang dihadirkan oleh PT. Sinar Harapan Plastik sebagai pemilik merek SHP Toys. Mainan ini dirancang bentuk serta detilnya mirip sekali dengan skutik premium Honda Forza.

Hal itu bisa dilakukan, lantaran SHP Toys sudah mengantongi lisensi resmi dari Honda untuk memproduksi mainan dengan bentuk Honda Forza skala mungil.

“Kami boleh pakai (desainnya) dan boleh produksi skala mainannya, Lisensi dari Jepang langsung,” ujar Direktur Utama, SHP Toys, Hary Tio di GIIAS 2022, dikutip Selasa 16 Agustus 2022.

Motor Volta Honda Forza.

Motor Volta Honda Forza.

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Hary menuturkan, target pasar dari mainan tersebut adalah semua kalangan mulai dari kelas menengah ke bawah hingga atas.

“Kami punya dua varian, 6 Volt dan 12 Volt. 6 Volt harga lebih ekonomis dan kecepatan lebih pelan, kalau 12 Volt harga lebih tinggi dan lebih kencang,” tuturnya.

Sistem penggerak dari Volta Honda Forza, kata Hary menggunakan elektrik. Mereka juga sudah merancang agar aman digunakan, dan membatasi kecepatannya.

“Kecepatan kami batasi 12 kilometer per jam untuk 12 Volt, 6 Volt sekitar 9-10 km per jam. Kalau dicas, sistem mati semua. Motor akan mengerem kalau kaki diangkat dari pedal,” jelasnya.

Volta Honda Forza versi 6 Volt dijual resmi dengan harga Rp 1.198.500, namun selama masa promosi ada potongan harga menjadi Rp 936.500 serta ada tambahan diskon lagi selama ajang GIIAS 2022.

Lalu untuk Volta Honda Forza versi 12 Volt, dibanderol Rp1.422.000 dan selama masa promosi ada potongan harga menjadi Rp1.111.500, belum termasuk diskon tambahan lagi di GIIAS 2022.