Daftar Harga Motor Listrik di Indonesia saat BBM Naik

Motor listrik Niu Gova-03
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Belum lama ini, Presiden Jokowi mengumumkan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Hal itu membuat banyak pemilik kendaraan, khususnya yang menggunakan mesin konvensional harus pintar-pintar menghemat.

Cara Unik Gesits Permudah Konsumen Beli Motor Listrik

Salah satu solusi yang bisa ditempuh untuk mengatasi pengeluaran yang bertambah akibat naiknya banderol BBM bersubsidi, yakni dengan menggunakan sepeda motor listrik.

Selain lebih hemat dalam hal biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli energi, pengguna juga mendapat keuntungan berupa pajak lebih ringan dan berbagai insentif lainnya.

Pameran Kendaraan Listrik PEVS 2024 Digelar Hari Ini, Cek Harga Tiketnya

Lantas, motor listrik apa saja yang sudah dijual di Indonesia? Dirangkum VIVA dari berbagai sumber, Selasa 6 September 2022, adapun model motor listrik yang sebagian diciptakan oleh perusahan otomotif Tanah Air. Berikut daftarnya.

Motor listrik baru di RI bernama Alva One

Photo :
  • Ilectra Motor Group
BRIN Dukung Industri Kendaraan Listrik Nasional Lewat Pameran IEMS 2024, Catat Tanggalnya

1. Alva One

Belum lama ini, Ilectra Motor Group (IMG) memperkenalkan produk baru yang diberi nama Alva One di industri otomotif Indonesia. Melalui pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) tahun ini kendaraan listrik itu diperkenalkan.

Secara spesifikasi, kendaraan ramah lingkungan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat perkotaan. Bahkan, model ini dilengkapi lampu LED di bagian depan dan belakang untuk memaksimalkan pencahayaan dan usia pemakaian lebih lama. 

Selain itu, Alva One dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise, dan e-Sport. Setiap modenya dapat memberikan performa yang efektif sesuai tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam.

Untuk fitur, motor ini menggunakan konektivitas dengan aplikasi yang bisa digunakan penggunanya untuk menyalakan dan mematikan motor dari smartphone, bike sharing access, GPS locator & tracker, Alva Roadside Assistance, Alva Experience Center Locator, hingga bisa melihat Monthly Saving Estimator.

Bicara soal harga, satu unit Alva One ini dibanderol mulai Rp34 juta OTR DKI Jakarta. Bagi calon konsumen yang tertarik dengan model ini bisa dipesan langsung melalui dealer resmi dan mulai dikirim ke konsumen pada November mendatang.

2. Smoot Tempur

Perusahaan otomotif lokal bernama Smoot ini menghadirkan motor listrik bernama Tempur, yang merupakan versi kedua. Diktahui, kuda besi tersebut diperkenalkan di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Kendaraan ramah lingkungan ini mempunyai keunikan, yaitu terletak pada baterai yang tidak perlu dicas secara manual. Umumnya, motor penggerak listrik diisi oleh daya listrik sebagai sumber energi di rumah, namun model tersebut berbeda.

Sebagai kendaraa listrik, tempur hanya cukup menggantikan daya baterai atau SWAP dalam waktu cukup 9 detik saja. Baterai tersebut saat ini mempunyai baterai station 450 titik di daerah Jabodetabek dan Bali yang berada di Alfamart, Shell dan Alfamidi.

Sebagai tambahan informasi, Smoot menambahkan untuk garansi baterai dari motor ini seumur hidup. Untuk harga satu unit dari motor Tempur generasi kedua ini dibanderol seharga Rp16 juta on the road Jakarta.

3. Gesits G1

Motor listrik Gesits G1

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Motor listrik selanjutnya yang dijual di Tanah Air adalah Gesits G1. Diketahui, motor ini salah satu kendaraan listrik yang diproduksi di Indonesia. Bahkan perusahaan mengklaim motor ini lebih hemat dari pada motor yang menggunakan bahan bakar bensin.

Sebagai kendaraan ramah lingkungan, model ini mengusung baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga mencapai 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Newton meter. Ditambah, tenaga itu disematkan Permanent Magnet Synchronous Motor berpendingin udara yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt. 

Untuk harga, satu unit motor listrik Gesits G1 dibanderol mulai Rp28 juta OTR DKI Jakarta. Kendaraan anyar ini bisa dibeli secara online di e-commerce resmi perusahaan.

4. NIU Nqi Sport

PT Utomocorp baru saja menghadirkan motor listrik bernama NIU Nqi Sport di pasar otomotif Indonesia. Diketahui, kendaraan ramah lingkungan itu diperkenalkan di Pameran Indonesia International Motor Show kepada pengunjung.

NQi Sport dirancang untuk mobilitas dalam kota, dan dilengkapi dengan dinamo buatan Bosch dengan kemampuan hingga 1.800 Watt yang mampu mencapai kecepatan 55 kilometer per jam.

Baterai seberat 11 kilogram yang terdapat pada skuter ini dapat dikeluarkan untuk isi ulang, sehingga tidak perlu repot memasang soket di area garasi. Selain itu, model ini dapat dihubungkan ke ponsel melalui aplikasi khusus, jadi pengguna bisa memantau kapasitas baterai.

Perihal harga, motor listrik ini dibanderol mulai Rp29 jutaan OTR DKI Jakarta. Chief Executive Officer Utomocorp, Denny Utomo menyampaikan Niu memiliki lini produk yang lengkap, sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia akan sebuah kendaraan roda dua yang ramah lingkungan, efisien serta memiliki desain atraktif dan kualitas terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya