Motor Buatan Lokal Ini Dieskpor Hingga ke Jepang

Motor Honda CBR250RR warna Bravery Red Black.
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA Otomotif – Honda hari ini meluncurkan motor baru untuk pasar dalam negeri, yakni versi pembaruan dari model Honda CBR250RR. Proses pembukaan selubung dilakukan dii pabrik mereka yang ada di Karawang, Jawa Barat.

Moeldoko Ungkap Penyebab Subsidi Motor Listrik Kurang Laku, Anak Muda Tak Suka Motor Pelan

Diketahui, kuda besi itu disebut sebagai produk global yang dibuat di dalam negeri. Secara arti, produk ini tidak hanya untuk memenuhi pasar domestik saja, tetapi juga berorientasi ekspor.

Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor (AHM), Thomas Wijaya mengatakan untuk CBR250RR ini sudah mulai diekspor ke wilayah Asia. Hal tersebut menjadi bentuk komitmen perusahaan dalam menjual produk kepada konsumen secara global.

Ribuan Produk Kerajinan RI Bakal Banjiri Pasar Kanada

Peresmian motor baru Honda New CBR250RR di Indonesia

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Jadi untuk model ini sudah kami ekspor ke beberapa negara di wilayah Asia. Untuk negaranya itu baru di Thailand, Malaysia, dan Jepang," ujar Thomas di Karawang, dikutip VIVA Senin 19 September 2022.

Misteri Motor di Jembatan Suramadu, Pengendaranya Anak Stres

Lebih lanjut, Thomas memberitahu untuk negara Thailand dan Malaysia itu berbentuk CBU atau kendaraan diimpor secara utuh. Sementara untuk Jepang berbentuk CKD sebagai kendaraan yang dirakit di dalam negeri.

"Hingga saat ini kami baru main di wilayah Asia saja untuk model ini. Kalau angka rasionya jika dibandingkan penjualan domestik itu 50:50," tambahnya.

Secara spesifikasi, sepeda motor baru ini telah mengalami pembaruan dengan mengadopsi karakter motor besar. Desain body dibuat lebih agresif dengan lekukan dan potongan-potongan yang lebih tajam dengan tema "Speedy Shape".

Honda menyediakan Separated Function Fork - Big Piston (SFF-Big Piston) inverted pada suspensi depan, serta Hazard Lamp pada varian SP dan SP-Quick Shifter. Diketahui, fitur tersebut berfungsi memberikan rasa nyaman, membuat sepeda motor yang lebih stabil saat berkendara.

Bicara soal performa, New CBR250RR ini mengusung mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup yang compact. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 42 daya kuda dan torsi maksimum hingga 25 Newton meter.

Sedikit informasi, motor tersebut sudah bisa dipesan dengan beragam varian. Untuk varian standar motor ini dibanderol seharga Rp62 juta, sementara untuk varian tertinggi mencapai Rp79 juta. Harga-harga tersebut sudah OTR DKI Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya