Spesifikasi dan Harga Zero DSR, Motor Listrik Polisi di KTT G20

Motor listrik Zero DSR
Sumber :
  • Ridermagazine

VIVA OtomotifPolisi yang bakal mengamankan dan melakukan pengawalan pada KTT G20 Bali pada 15-16 November 2022, akan menggunakan motor listrik. Motor listrik tersebut adalah Zero DSR, yang merupakan buatan Amerika Serikat.

Sadis! Paman Tikam Keponakan Usia 10 Tahun Pakai Badik hingga Tewas

"Kami tahu fitur dan cara kerja kendaraan listrik ini berbeda dengan mekanis kendaraan fosil. Jadi itu perlu latihan," kata Asops Kapolri Irjen Agung Setya Imam Effendi, dikutip dari laman NTMC Polri.

Jika melihat desainnya, Zero DSR bergaya ala motor sport naked dan memiliki kemampuan menjelajah jalanan semi off road. Terlihat dari sepatbor depan yang terpasang, serta kombinasi ukuran pelek 19-17 inci yang dibalut ban tapak dual purpose.

Kasus Gadis 20 Tahun Tewas Tanpa Busana di Kolam, Polisi Kesulitan Mengungkap Pelaku

Dalam kondisi baterai penuh, Zero DSR bisa tempuh jarak hingga 262 km. Soal harga, Zero DSR di Amerika Serikat dijual setara Rp270 jutaan atau Rp313 jutaan untuk versi tertinggi dengan jarak tempuh 328 km.

Zero DSR dibekali motor penggerak Z-Force 75-7R berpendingin udara. Konfigurasi motor listrik tersebut mampu menghasilkan tenaga 52 kW atau setara 70 HP pada putaran mesin 3.500 rpm dan torsi 157 Nm.

Pengendara Motor Akrobat Depan Kantor Polisi, Endingnya Sesuai Harapan Netizen

Motor listrik ini mampu melesat dengan kecepatan tertinggi 163 km per jam. Motor dari Zero Motorcycles ini dibekali baterai Z-Force Li-Ion Intelligent Integrated dengan kapasitas 14,4 kWH dan 18,0 kWh di model Power Tank.

Mobil listrik dan motor listrik Polisi untuk KTT G20

Photo :

Jarak tempuh motor ini mencapai 262 km dalam sekali pengisian daya, sementara untuk tipe Power Tank bisa menempuh jarak hingga 328 km. Soal isi pengisian daya, motor ini bisa mengisi dari kondisi kosong hingga 100 persen dalam waktu 9,8 jam, sementara untuk mencapai 95 persen dibutuhkan waktu 9,3 jam.

Pada tipe Power Tank, pengisian hingga 100 persen dibutuhkan waktu 12,1 jam dan jika hanya 95 persen dibutuhkan waktu 11,6 jam. Ke bagian kaki-kaki, Zero DSR dibekali suspensi depan Showa berukuran 41 mm, dan belakang menggunakan piston 40 mm lansiran Showa juga.

Soal rem sudah menggunakan Bosch Gen 9 ABS dengan kaliper ganda dan cakram 320x5 mm di bagian depan. Sementara rem belakangnya menggunakan Bosch Gen 9 ABS kaliper mengambang piston tunggal dengan cakram ukuran 240x4,5 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya