Toyota dan Kawasaki Bersatu Kembangkan Mesin Hidrogen

Kawasaki H2R racikan TSR
Sumber :
  • motorbeam

VIVA Otomotif Toyota Motor Corp melakukan berkolaborasi dengan Kawasaki Motors Corp dalam mengembangkan mesin hidrogen. Diharapkan dengan kerjasama ini bisa mempercepat pengembangan kendaraan bermesin hidrogen.

Viral Konten Kreator Banyak Gaya saat Kendarai Motor Beat hingga Tabrak Mobil, Netizen Puas

Melansir dari Webbikeworld, Senin 26 September 2022, Toyota memang terus berinovasi untuk mempersiapkan kendaraan selanjut ICE, teknologi hibrida dan listrik. Dan kini pabrikan asal Jepang itu kembangkan inovasi dalam tenaga hidrogen.

Kawasaki pun siap melakukan investasi di dalamnya teknologi hidrogen tersebut. Dengan bergabung ke Toyota guna mengumpulkan sumber daya, agar bisa mengembangkan mesin hidrogen untuk sepeda motor masa depan.

Ratusan Unit Mobil Listrik Toyota Dipakai Menteri dan Tamu Negara di WWF Bali

Toyota Mirai menjadi salah satu mobil dengan sel bahan bakar hidrogen khusus pertama di dunia yang tersedia secara komersial, di mana lebih dari 2.600 unit terjual secara global.  Kesepakatan sendiri terjadi di awal bulan ini.

Saat itu  Presiden Toyota, Akio Toyoda mengendarai Kawasaki ATV hidrogen di sirkuit Mobility Resort Motegi. Mesin hidrogen yang dipasang sebetulnya untuk sepeda motor dan telah dikembangkan oleh Kawasaki Motors Corp.

Jangan Salah, Ada Cara Mengerem Motor yang Benar Demi Hindari Kecelakaan

"Harus ada berbagai pilihan untuk mengurangi emisi karbon dioksida. Saya berharap pemerintah akan mendukung output dengan inovasi teknologi seperti ini, dari pada menghentikan kita dengan regulasi,” kata Toyoda.

Logo Toyota

Photo :

Mesin hidrogen milik Kawasaki merupakan versi modifikasi dari mesin Ninja H2. Unitnya di kendaraan roda empat yang dijual oleh produsen sepeda motor di Amerika Utara dan pasar lainnya.

Suku cadang dan komponen lainnya sama dengan yang digunakan pada Toyota Corolla bertenaga hidrogen. Kawasaki mengatakan perusahaannya bergabung dengan proyek tersebut setelah didorong oleh Akio Toyoda untuk bekerja sama di luar batas sepeda motor dan mobil.

Untuk proses desain dimulai dengan sungguh-sungguh pada Desember 2022. Perusahaan bermaksud untuk menggunakan teknologi untuk dekarbonisasi sepeda motor bersama dengan Suzuki Motor Corp, Honda Motor Co dan Yamaha Motor Co, dan produsen sepeda motor besar Jepang lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya