Motor Listrik Andalan Honda Hadir di Senayan, Apa Istimewanya?

Honda PCX Listrik
Honda PCX Listrik
Sumber :
  • Astra Honda Motor

VIVA Otomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) turut meramaikan ajang Indonesia Electric Motor Show, atau IEMS 2022 yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta pada 28-30 September.

Dalam pameran khusus kendaraan ramah lingkungan itu, produsen motor Honda itu menampilkan motor listrik andalannya, yaitu Honda PCX Electric, serta baterai, dan stasiun penukaran baterai sebagai ekosistemnya.

GM Marketing Planning & Analysis PT AHM, Andy Wijaya mengatakan, partisipasi dalam IEMS 2022 menjadi bukti keseriusan perusahaan menghadapi era motor listrik yang erlangsung hingga beberapa tahun mendatang.

”Semua yang kami tunjukkan merupakan konsep ekosistem terintegrasi sepeda motor Honda yang dibutuhkan di masa mendatang. Ini juga menjadi salah satu bentuk dukungan kami terhadap visi pemerintah memasuki era elektrifikasi,” ujar Andy dikutip dari keterangan resminya, Rabu 28 September 2022.

PCX Electric dipersenjatai dua baterai lithium-ion berdaya 50,4 volt, atau setara 20,8 amper hour, dari kondisi penuh bisa menempuh jarak 69 km, dengan kecepatan rata-rata 40 km per jam. 

Waktu pengisian yang dibutuhkan 4-6 jam dengan arus AC 100 volt. Sedangkan motor listrik, atau dinamonya bertenaga 4,2 kilo watt, atau setara 5,7 ps di 5.500 rpm, dan torsi 18 Nm di 500 rpm.  

Secara dimensi serupa dengan versi PCX mesin konvensional yang sebelumnya, panjangnya 1.960 mili meter, lebar 740 mm, dan tinggi 1.095 mm. Jarak poros roda depan ke belakang 1.360 mm, dan ground clearance 132 mm.