Ada Sepeda Motor Spesial di Pameran IEMS 2022

Kendaraan roda tiga untuk disabilitas
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini penggunaan kendaraan sepeda motor tidak hanya didominasi oleh untuk masyarakat biasa saja, tetapi juga khusus bagi para penyandang disabilitas. Ada cukup banyak beragam model diberikan yang dapat dipilih oleh mereka.

Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Dalam pameran bernama Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022 yang sedang berlangsung di JCC Senayan. Kegiatan ini diramaikan berbagai kendaraan listrik meski mayoritas adalah sepeda motor berbasis EV (Electric Vehicle).

Ada salah satu yang menarik dari pameran tersebut yaitu ada kendaraan listrik roda tiga yang dibuat khusus untuk disabilitas. Diketahui, model ini merupakan hasil kolaborasi antara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan Viar.

Nissan Magnite Kena Recall akibat Sensor Gagang Pintu Bermasalah

Kendaraan roda tiga untuk disabilitas

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Salah Satu Peneliti BRIN, Rendra Dwi Firmansyah mengatakan kendaraan itu diberi nama E-Tricycle yang masih berupa prototype. Model ini dikembangkan dengan beragam fitur yang mengedepankan kebutuhan penggunaan.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

"Di sini kami kerja sama dengan Viar untuk meredesain produk ini. Kami menghadirkan kendaraan ini untuk kaum disabiltas yang dimanfaatkan berjualan. Sehingga disabilitas bisa mandiri dan punya daya saing," ujar Rendra kepada VIVA, Kamis 29 September 2022.

Secara tampilan, motor roda tiga ini tampilannya cukup menarik seperti mobil golf lengkap dengan atap. Pada bagian belakangnya berfungsi untuk memungkinkan pemakainya berjualan berbagai macam keperluan.

"Sejatinya kendaraan ini dulunya model Gading asal Pekalongan, hanya saya diubah menjadi lebih modern dan ini masih prototipe, baru sekitar 90 persen. Bahkan kami juga bekali fitur untuk kemudahaan pengguna," tambahnya.

E-Tricycle ini murni kendaraan listrik menggunakan baterai 48V 20 Ah, di mana terdiri dari empat rangkaian baterai, satu baterai 12 V 20 Ah. Model ini memiliki kekuatan tosi mencapai 20 Newton meter dalam putaran 4800 Rpm. 

Untuk fitur, Rendra memberitahu model ini menggunakan driving assitance system dan teknologi untuk mempermudah dalam berniaga berkeliling. Adapun fitur yang dikembangkan yaitu brake assist, GPS, Hailing App, dan sensor ultrasonic.

Secara keseluruhan, E-Tricycle ini memiliki berat 150 kg dengan panjang 1.400 mm, lebar 190 mm, dan tinggi 1.640 mm. Jarak sumbu roda 1.230 mm, jarak terendah dari tanah 150 mm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya