Motor Listrik Dominasi Peredaran Kendaraan Listrik di Indonesia

Parade motor listrik hasil konversi.
Sumber :
  • Kementerian ESDM

VIVA Otomotif Kendaraan listrik saat ini mulai dilirik oleh masyarakat Indonesia, di tengah mahalnya bahan bakar minyak atau BBM. Tercatat, saat ini sudah ada puluhan ribu kendaraan listrik yang beredar di jalanan Tanah Air.

Kalau Mau Damai, Atalarik Syach Kasih Syarat Ini ke Tsania Marwa

Presiden RI Jokowi sendiri mengatakan bahwa pemerintah menargetkan dua juta kendaraan listrik bakal beredar di Indonesia.Hal itu dikarenakan untuk mencapai target pemerintah Indonesia menurunkan emisi sebanyak 29 persen di 2030 mendatang.

Korlantas Polri Direktur Registrasi dan Identifikasi Brigjen Pol. Yusri Yunus mengatakan Polri sudah sangat siap mendukung target Presiden untuk memenuhi target 2 juta kendaraan listrik. Hingga September 2022, sudah 23 ribu kendaraan listrik yang terdaftar, di mana dimonasi oleh motor listrik.

Uskup Sydney yang Ditikam Maafkan Penyerangnya: Saya Selalu Mendoakanmu

“Kendaraan listrik yang sudah terdaftar sampai September ini 23 ribu, 22 ribu kendaraan roda dua, tandanya ada pada plat nomor ada garis warna biru. Regulasi sudah kami revisi, Perpol Nomor 7 tentang Registrasi dan Identifikasi kendaraan,” ujar Brigjen Pol. Yusri Yunus di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan.

Brigjen Pol. Yusri Yunus menambahkan dalam regestrasi kendaraan bermotor, kepolisian ada di tahapan terakhir setelah dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perhubungan.

5 Fakta Mengejutkan di Balik Kasus Pengemudi Fortuner Arogan Pakai Pelat TNI Palsu

“Nomor rangka kendaraan listrik sangat panjang, maka STNK dan BPKB sudah kami ubah dan sesuaikan. Kemarin sempat ada kendala, kendaraan listrik nomor rangka ada nomor mesin ga ada. Maka kami menemukan pengganti nomor mesin dengan nomor penggerak,” sambung Brigjen Pol. Yusri Yunus.

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) untuk electric vehicle (EV) charging mobil listrik pertama di Maluku dan Maluku Utara dijadwalkan diluncurkan pada 17 Januari 2022 yang berlokasi di Jalan Sultan Hairun, Kota Ambon.

Photo :
  • ANTARA

Pada nomor kendaraan listrik lanjutnya, ditandai dengan warna biru pada plat nomor. Dari Kementerian SDM juga mendorong Kepolisian membuat regulasi perubahan sepeda motor konvensional ke listrik.

“Implementasi Inpres nomor 07 Polri yang pertama, G20 sudah ada 186 unit mobil dan motor listrik untuk pengawalan. Kedepan semua mobil dan motor patroli lalulintas menggunakan listrik untuk tahun depan,” tambahnya, seperti dilansir dari Korlantas Polri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya