Honda PCX 160 Recall Gegara CVT, Kenapa Vario 160 Tidak Kena?

Honda Vario 160.
Sumber :
  • Septian Farhan Nurhuda / VIVA.co.id

VIVA Otomotif – Demi menghemat ongkos produksi, PT Astra Honda Motor (AHM) memanfaatkan satu mesin buatannya untuk tiga motor sekaligus dengan model berbeda-beda, yaitu Honda PCX 160, ADV 160, dan All New Vario 160.

Terpopuler: Toyota Avanza Kena Recall, Aturan Hukum Ganti Kaca Spion Motor

Ketiga motor matik tersebut dipersenjatai mesin satu silinder berkapasitas 156,9cc dengan sistem pengabutan injeksi, dilengkapi pendingin cairan.  Tenaga yang dihasilkan sama-sama 16 PS di 8.500 rpm, dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Honda PCX 160 terbaru

Photo :
  • Istimewa
Mobil Kena Recall, Toyota: Bawa ke Bengkel Resmi, Gratis

Resikonya karena mengandalkan mesin serupa, maka ketika mengalami kerusakan harus di recall bersamaan. Produsen motor Honda di Tanah Air itu mengumumkan agar pemilik PCX 160, dan ADV 160 segera datang ke bengkel.

“Betul program ini tidak berlaku untuk semua pemilik ADV atau PCX, hanya PCX 160, dan ADV 160 dalam produksi tahun tertentu saja,” ujar General Manager Corporate Communication PT AHM, Ahmad Muhibbuddin.

Daihatsu Xenia Kena Recall

Program recall, atau perbaikan unit secara gratis tersebut merupakan komitmen Honda untuk menjaga kepercayaan konsumen, dan keamanan pengguna produknya.

Pria yang akrab disapa Muhib tersebut menjelaskan, dalam waktu dekat akan diumumkan secara resmi kepada pemilik PCX 160, dan ADV 160 untuk datang ke bengkel resmi, dalam perbaikan bagian CVT karena muncul sura bising.

“Kami mengundang beberapa konsumen pemilik kedua model tersebut ke AHASS (bengkel Honda) untuk pemeriksaan pulley assy driven, untuk memastikan kondisi motornya,” tuturnya.

Diketahui komponen yang dimaksud adalah rumah, atau mangkok tempat roller yang berada di bagian depan. Tugasnya menyalurkan tenaga ke vanbelt, sebelumnya masalah serupa juga dialami oleh PCX 150.

Berdasarkan informasi dari beberapa unggahan video di media sosial, komponen tersebut termasuk face set driven, atau kipas penutup rumah roller yang dianggap terlalu tebal. Lantas kenapa AVario 160 tidak terdampak?

Technical Service Division PT AHM Endro Sutarno mengklaim, meski Vario 160 memiliki mesin serupa dengan PCX 160, dan ADV 160, namun bagian CVT berbeda. Hal itu disesuaikan dengan kebutuhan dari motor tersebut.

“Vario 160 driven pulley-nya beda, yang sama itu hanya PCX dan ADV sama. Jadi meski mesin sama, bagian CVT-nya berbeda,” ujar Endro di Cikarang, Jawa Barat, dikutip Jumat 7 Oktober 2022.

Lebih lanjut dia menjelaskan, proses perbaikan komponen tersebut berlaku untuk konsumen yang mendapatkan undangan. Artinya tidak semua pemilik PCX 160, dan ADV 160, serupa dengan kasus sebelumnya.

“Itu recall karena ada masalah di bagian CVT, di driven pulley. Nah, driven pulley-nya itu kita perlu cek lagi, kita akan ganti. Konsumen yang dapet undangan, bisa bawa kendaraannya ke AHASS terdekat,” kata Endro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya