Motor Klasik Berbasis Listrik Buatan RI Resmi Dijual

Sepeda Motor Listrik merek SMOTO model TC
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Saat ini kendaraan listrik mulai dikembangkan oleh beberapa produsen otomotif untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Hal ini selaras dengan misi pemerintah yang ingin mulai beralih kendaraan dari mesin konvesional menjadi listrik.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Kabar terbaru, ada salah satu perusahaan sepeda motor bernama SMOTO baru saja meluncurkan produk di industri otomotif Indonesia. Kendaraan roda dua itu diberi nama TC, sebuah motor yang berbasis mesin listrik menggabungkan gaya klasik atau retro.

Director PT SMOTO Elektrik Indonesia, Sugiyanto menyampaikan bahwa pihaknya meluncurkan produk tersebut lantaran sesuai dukungan pemerintah yang ingin mobilitas masyarakatnya menjadi kendaraan listrik. Apalagi peluncuran produk baru ini terbilang tepat, lantaran Tanah Air sedang menuju era mobilitas yang berkelanjutan.

Bale Santai Honda untuk Pemudik Motor Tersedia di KM 35 Serang

Peluncuran Sepeda Motor Listrik merek SMOTO model TC

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

"Kami memiliki visi menciptakan sebuah Electric Vehicle atau EV, dalam hal sepeda motor listrik. Tahap awal kami bekerjasama dengan mitra internasional namun jangka panjang kami berharap bisa memproduksi 100 persen di dalam negeri," ujar Sugiyanto dalam acara peluncuran produk di Jakarta, dikutip VIVA Jum'at 7 Oktober 2022.

Mobil Mau Dipakai Mudik, Jangan Cuma Ganti Oli

Dia memberitahu bahwa kuda besi ini dibuat secara lokal atau dalam negeri yang merupakan karya anak bangsa. Secara sepesifikasi, model ini menciptakan kembali legenda klasik menampilkan dirinya sebagai Cafe Racer yang khas.

Untuk performa, sebagai kendaraan listrik SMOTO TC ini menggunakan mesin dinamo motor BOSCH yang dapat menempuh jarak 80 km. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 3.000 W dengan torsi mencapai 150 Newton meter dengan kecepatan maksimal 80 km/jam.

Sementara untuk varian lainnya yakni SMOTO TC MAX menggunakan mesin dinamo motor High Central Power by Vmoto SOCO yang dapat menempuh jarak 110 km. Mesin tersebut mampu menghasikan tenaga 5.000 W dengan torsi mencapai 180 Newton meter dengan kecepatan maksimal 95 km/jam.

Perusahaan memberitahu bahwa mereka telah menggunakan teknologi baterai “Fast Charging” dengan kapasitas yang besar. Diketahui, kedua varian tersebut mampu mengisi daya 30 menit apabila menggunakan teknologi tersebut.

"Kami sangat senang memperkenalkan produk SMOTO yang luar biasa ini. Kami yakin banyak pecinta sepeda motor telah menunggu produk yang menawarkan desain retro klasik dengan teknologi berkelanjutan," tambahnya.

Sebagai tambahan informasi, SMOTO menawarkan harga satu unit model tersebut  seharga Rp68 juta untuk varian TC, sementara untuk varian TC MAX dibanderol Rp98 juta. Harga-harga tersebut sudah OTR DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya