Motor Pengawalan KTT G20 Ada di IMOS 2022, Harga Rp1,2 Miliar

VIVA Otomotif: Motor listrik Energica EsseEsse9+ di IMOS 2022
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA Otomotif – Pameran Indonesia International Motor Show atau IMOS 2022 saat ini masih digelar di JCC Senayan, Jakarta. Beragam produk canggih dihadirkan, termasuk motor yang digunakan untuk pengawalan di acara KTT G20 Bali.

Intip Harga Motor Listrik Polytron, Segini Cicilannya

Kendaraan roda dua yang dimaksud adalah Energica EsseEsse9+, yang berasal dari Italia. Kuda besi ini tidak membutuhkan bahan bakar, karena energinya memakai listrik murni.

Model ini dipajang di booth, bersama dengan produk lain yang didatangkan oleh Utomocorp. Dikutip dari keterangan resmi Energica, Sabtu 5 November 2022 disebutkan bahwa ada 88 unit dari model tersebut yang didatangkan ke Bali.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

“Saat delegasi G20 tiba di Bali, mereka akan dikawal oleh motor Energica,” ujar Chief Executife Officer Energica Motor Company, Livia Cevolini.

Dari pantauan VIVA di lokasi pameran, terlihat motor tersebut dibalur dengan warna biru dan perak. Pada bagian samping terlihat logo Kementerian Perhubungan, serta Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Yamaha Mio Lawas Kembali Jadi Buruan Orang, Suku Cadang Aman Gak?

Energica EsseEsse9+ dibekali dengan dinamo yang mampu menghasilkan tenaga 80 kilo Watt atau setara 107 daya kuda, serta torsi 200 Newton meter.

VIVA Otomotif: Motor listrik Energica EsseEsse9+ di IMOS 2022

Photo :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Dengan tenaga yang besar itu, motor bisa berakselerasi dari nol hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu 3 detik. Kecepatan puncaknya dibatasi hanya 201 km per jam.

Sumber energi dari motor ini disimpan dalam baterai berkapasitas maksimal 21 kilo Watt hours, dan cukup untuk menempuh perjalanan sejauh 420 kilometer. Proses pengisiannya jika memakai sistem cepat yakni ke 80 persen dalam waktu 40 menit.

Bobot Energica EsseEsse9+ mencapai 259 kilogram, membuat pengendara agak kerepotan jika akan parkir. Untuk itu, mereka memasang fitur pembantu parkir baik maju maupun mundur.

Salah seorang tenaga penjual yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, bahwa model tersebut ditawarkan ke masyarakat umum dengan harga miliaran rupiah.

“Harganya Rp1,2 miliar. Enggak bisa dibeli secara kredit, harus bayar tunai,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya