Motor Sport Andalan Kawasaki Alami Inden Karena Masalah Ini

Logo Kawasaki.
Sumber :
  • newasrtcolourz

VIVA Otomotif – Kawasaki merupakan perusahaan otomotif asal Jepang, yang menjual jenis kendaraan roda dua di pasar Indonesia. Ada beberapa produk motor yang menjadi unggulan dan diminati oleh konsumen, termasuk segmen sport.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Salah satu model yakni Ninja ZX-25R pernah membuat gempar Tanah Air beberapa tahun lalu tersebut. Kini, model tersebut hadir dalam tiga varian yaitu New Kawasaki Ninja ZX-25R STD, Ninja ZX-25R ABS SE dan Ninja ZX-25RR.

Memiliki banyak peminat terkait kuda besi tersebut, membuat produsen motor ini kerap mengalami inden. Hal itu diungkap langsung oleh Head Sales and Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia, Michael C. Tanadhi.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Kawasaki Ninja ZX-25RR

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Dia mengatakan bahwa pihaknya tengah mengalami masalah terkait produksi untuk tipe motor ABS. Karena ada masalah, membuat produksi mereka terhambat dan alami inden di berbagai produksnya, termasuk Ninja ZX-25R terbaru yang merupakan edisi 2023.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

"Kami saat ini terdampak krisis chip semikonduktor untuk tipe motor ABS. Kalau untuk inden dari ZX-25R itu waktu penungguanya tiga bulan, ya kalau normalnya pasti ready stock," ujar Michael di Dealer Resmi Kawasaki Jakarta Pusat, dikutip VIVA Selasa 8 November 2022.

Selain masalah tersebut, Michael memberitahu bahwa ada masalah lain yang membuat produksi mereka alami inden. Bahkan ia menyebut bahwa inden paling lama jatuh pada varian Big Bike seperti, Z1000, Ninja H2, Versys 1000, ZX-10R, dan W800.

"Kalau inden paling lama itu big bike ya, karena ada kendalanya tidak hanya semikonduktor, tetapi juga masalah importasi yang sedang dibatasi oleh pemerintah dan juga izin waktu juga masih pendek-pendek," tambahnya.

Meski begitu, Kawasaki mengungkapkan bahwa ada salah satu model yang ready stock untuk calon konsumen. Diketahui, kendaraan roda dua tersebut adalah KLX yang saat ini masih diminati dan menjadi model unggulan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya