Pakai Helm Motor Ini Serasa Naik Pesawat Jet Tempur

VIVA Otomotif: Helm Shoei Opticson berteknologi HUD.
Sumber :
  • Rideapart

VIVA Otomotif– Industri pertahanan kerap disebut-sebut sebagai salah satu inkubator teknologi yang paling canggih, dan beberapa hasilnya diterapkan pada dunia otomotif.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

Salah satunya yakni Head Up Display atau HUD, di mana layar transparan dipasang tepat di depan pilot pesawat jet tempur untuk menampilkan beragam informasi penting tanpa mengganggu pandangan ke luar.

Teknologi ini mulai disematkan di beberapa mobil keluaran terbaru, dan kini sedang dikembangkan untuk para pengendara motor. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Shoei.

Karung Ini Selamatkan Banyak Nyawa Pengendara Motor

Dilansir dari laman Rideapart, Jumat 18 November 2022, perusahaan pembuat helm motor asal Jepang itu baru saja memperkenalkan produk baru mereka yang diberi nama Shoei Opticson.

VIVA Otomotif: Helm Shoei Opticson berteknologi HUD.

Photo :
  • Rideapart
Anak dan Keponakan Teuku Rifnu Wikana Jadi Korban Kecelakaan, Ada yang Sampai Patah Tulang

Dari luar penampilan helm ini sama seperti alat pelindung kepala lainnya yang mengusung desain full face, namun jika dilihat di bagian dalam maka akan tampak adanya panel transparan yang dipasang tepat di depan mata sebelah kanan.

Panel ini berfungsi menampilkan gambar yang dihasilkan oleh proyektor mini, yang posisinya ada di bagian dagu helm. Alat itu bisa terhubung ke smartphone melalui koneksi Bluetooth.

Shoei Opticson bisa menampilkan panduan arah dari peta digital, yang terhubung ke Global Positioning System atau GPS. Informasi yang disajikan mulai dari arah ke mana harus berbelok, serta jaraknya. Tersedia juga mikrofon dan speaker, sehingga pengguna bisa melakukan komunikasi.

Awalnya helm ini diperkenalkan pada April lalu, dan kini sudah bisa dibeli secara resmi di beberapa toko Shoei yang ada di Negeri Sakura. Setiap unit helm ditawarkan dengan harga 137.500 Yen, atau setara dengan Rp15,3 jutaan.

Saat ini hanya ada tiga toko Shoei yang menyediakan model tersebut, yakni di Tokyo, Osaka dan Yokohama. Harga tersebut belum termasuk baterai, yang dijual terpisah dengan banderol 11 ribu Yen atau sekitar Rp1,2 juta.

Pengguna juga harus membayar biaya langganan untuk aplikasi Touring Supporter, yang hanya tersedia di Jepang saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya