Beli Motor Listrik Bakal Dapat Subsidi dari Pemerintah

Motor listrik
Motor listrik
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA Otomotif – Pemerintah Indonesia saat ini tengah mendorong masyarakat untuk beralih kendaraan yang tadinya menggunakan mesin konvensional menjadi listrik. Hal itu bertujuan untuk mengurangi gas emisi buang agar lebih ramah lingkungan.

Diketahui, penggunaan kendaraan di Tanah Air masih didominasi sepeda motor. Pasalnya, kuda besi ini mudah dioperasikan dan sangat cocok untuk aktivitas sehari-hari. Bahkan beberapa dari pabrikan otomotif mulai memperkenalkan sekaligus menjual motor berbasis listrik.

Dalam upaya mendukung peralihan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Mervess), Luhut Binsar Pandjaitan membuat rencana terkait kemudahan dalam pembelian kendaraan ramah lingkungan. Rencana tersebut berupa subsidi agar harganya lebih terjangkau.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Photo :
  • VIVA/Maha Liarosh (Bali)

"Kalau mau tukar motor ke listrik tahun depan, ya. Nanti dapat subsidi pembelian kendaraan listrik khususnya motor dengan rentang kisaran Rp6 juta sampai dengan Rp6,5 juta," ujar Menko Luhut, dikutip VIVA dari Reuters, Kamis 1 Desember 2022.

Lebih lanjut, dirinya memberitahu dengan penggunaan kendaraan listrik akan menghemat dana untuk pembelian bahan bakar minyak (BBM). Sehingga pihaknya menyarankan kepada calon konsumen untuk membeli kendaraan ramah lingkungan.

"Kami sudah menghitung tetap akan lebih untung menggunakan sepeda motor listrik dari pada motor konvensional, dan begitu juga mobil. Jadi kalau mau jualan kendaraan listrik ke depan, jualan ini lebih bagus," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title