UMKM Bikin Motor Listrik, Begini Wujudnya

VIVA Otomotif: Motor listrik SMEV
Sumber :
  • Dok: SMEV

VIVA Otomotif – Produk otomotif berupa motor listrik saat ini sedang jadi sorotan di Indonesia. Kendaraan beroda dua yang ramah lingkungan itu sedang digenjot penjualannya, demi mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Pemerintah memberi beberapa kemudahan pada masyarakat, untuk mau beralih menggunakan kendaraan bebas emisi itu. Salah satunya, yakni menerbitkan aturan standar untuk program konversi dari motor biasa ke model listrik.

Selain itu, rencananya juga bakal ada insentif khusus untuk masyarakat yang melakukan pembelian motor listrik berbasis baterai. Statusnya saat ini sedang dalam tahap persiapan, namun kisaran subsidinya yaitu Rp8 juta untuk model baru dan Rp5 juta untuk hasil konversi.

Pertamina Jamin Produksi dan Pasokan Energi Periode Mudik Lebaran Aman, Begini Strateginya

Hal itu ditunjang dengan mulai banyaknya merek dan model sepeda motor listrik, yang ditawarkan di pasaran. Bahkan, ada juga yang merupakan karya dari Usaha Kecil, Mikro dan Menengah atau UMKM.

Contohnya yakni motor listrik buatan SMEV, yang baru saja diperkenalkan di acara Eigervaganza yang diadakan oleh Eiger di Bandung, Jawa Barat beberapa hari lalu.

BSI Ungkap Tantangan Pengembangan Perbankan Syariah

Kuda besi setrum itu merupakan hasil kolaborasi kedua perusahaan, dan dibuat untuk mendukung program pemerintah dalam penerapan energi baru dan terbarukan.

VIVA Otomotif: Acara perkenalan motor listrik di Eigervaganza

Photo :
  • Dok: Eiger

“Eiger sadar mengenai energi berkelanjutan tidak bisa menjadi kewajiban perusahaan semata, tetapi juga menjadi komitmen jangka panjang untuk semua orang,” ujar Brand and Community Marketing Manager Eiger, Ayi Sunandar melalui keterangan resmi, dikutip Kamis 15 Desember 2022.

Sebagai informasi, motor listrik tersebut menggunakan dinamo berkekuatan 3 kilo Watt dan baterai buatan LG berkapasitas 2,88 kilo Watt hours, yang arusnya diatur menggunakan controller EM-150.

Selain mengenalkan motor listrik, acara Eigervaganza yang ketiga itu juga dimeriahkan oleh workshop pembuatan konten menggunakan ponsel pintar, serta hiburan musik dari Rosemary dan Syarikat Idola Remaja. 

Dalam kesempatan itu, juga diumumkan pemenang dari program Eigervaganza pertama dengan hadiah mulai dari perjalanan ke Raja Ampat hingga voucher belanja.

“Masih ada kesempatan untuk mendapatkan hadiah utama mobil listrik Nissan Leaf dan hadiah menarik lainnya, cukup berbelanja Rp100 ribu dan kelipatannya,” tutur Ayi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya