Daftar Motor Listrik yang Berpotensi Dapat Subsidi Rp8 Juta

Motor listrik baru di RI bernama Alva One
Sumber :
  • Ilectra Motor Group

VIVA Otomotif – Tidak hanya mobil ramah lingkungan saja yang mendapatkan subsidi kendaraan listrik, tetapi kendaraan roda dua juga direncanakan hal yang sama. Kini, aturan tersebut tengah difinalisasikan oleh pemerintah.

Bikin Gaduh soal Wacana Pembatasan BBM Subsidi, DPR Sebut Luhut Kayak Kaleng Rombeng

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan insentif Rp8 juta untuk pembelian sepeda motor listrik baru. Hal itu dilakukan agar menarik masyarakat untuk beralih menggunakan kendaraan yang bebas atau minim polusi udara.

"Pemerintah sekarang sedang dalam tahap finalisasi, menghitung untuk memberikan insentif terhadap pembelian mobil dan motor listrik,” ujar Agus melalui tayangan YouTube Sekretariat Presiden.

Putu DPR: RI Negara Maritim Terbesar, Kita Perlu Memiliki Kapal Penelitian seperti OceanX

The Ministry of Industry Agus Gumiwang Kartasasmita

Photo :

Lebih lanjut, dia memberitahu subsidi ini hanya berlaku untuk pembelian sepeda motor listrik baru yang merupakan buatan dalam negeri. Syarat itu dilakukan untuk mendorong penjualan kendaraan listrik, terutama yang dibuat di pabrik Tanah Air.

Sindikat Judi Online Jaringan Kamboja Retas 855 Situs Pemerintah-Kampus, Raup Untung Rp 170 M

"Insentif ini akan diberikan kepada pembeli, yang membeli mobil atau motor listrik yang mempunyai pabrik di Indonesia," tambahnya.

Perlu diketahui, pabrikan otomotif di Tanah Air sudah mulai memperkenalkan dan menjual beragam jenis kendaraan ramah lingkungan hasil produksi lokal. Lantas, motor listrik apa saja yang bakal dapat subsidi pemerintah?

Dikutip VIVA dari berbagai sumber, Jum'at 16 Desember 2022, ada beberapa kuda besi berjenis listrik yang dijual ke konsumen Tanah Air. Berikut daftar motor listrik yang ada di Indonesia berstatus buatan lokal.

1. Gesits

Motor listrik Gesits G1

Photo :
  • VIVA/Muhammad Thoifur

Motor listrik pertama yang dibuat secara lokal datang dari merek Gesits dengan model G1. Kuda besi ini diklaim lebih hemat dari pada motor yang menggunakan bahan bakar bensin. Bahkan beberapa fitur dan teknologi terbaru telah disematkan ke dalam motor ini.

Secara spesifikasi, model ini mengusung baterai Li-NCM 72Volt 20Ah. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga mencapai 6,7 daya kuda dengan torsi maksimal 30 Newton meter. Ditambah, tenaga itu disematkan Permanent Magnet Synchronous Motor berpendingin udara yang disalurkan melalui transmisi Pulley Belt. 

Bicara soal harga, perusahaan patungan PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi dengan PT Gesits Technologies Indo ini membanderol satu unit motor listrik ini dihargai mulai Rp28 juta OTR DKI Jakarta. Kendaraan anyar ini bisa dibeli secara online di e-commerce resmi perusahaan.

2. Alva One
Motor listrik selanjutnya Alva One, yang diproduksi oleh anak bangsa dan dirakit di pabrik mereka yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Melalui pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) tahun ini kendaraan listrik itu diperkenalkan.

Secara spesifikasi, kendaraan ramah lingkungan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat perkotaan. Bahkan, model ini dilengkapi lampu LED di bagian depan dan belakang untuk memaksimalkan pencahayaan dan usia pemakaian lebih lama. 

 Untuk soal harga, satu unit Alva One ini dibanderol mulai Rp34 juta OTR DKI Jakarta. Dengan harga tersebut, motor ini telah disematkan konektivitas dengan aplikasi yang bisa digunakan penggunanya untuk menyalakan dan mematikan motor dari smartphone, bike sharing access, GPS locator dan tracker.

3. Smoot Tempur

Motor Smoot model Tempur generasi kedua terbaru

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Di bawah PT Swap Energi Indonesia (SEI), motor listrik bernama Smoot Tempur ini diproduksi di Tangerang, Banten. Diketahui, kuda besi tersebut diperkenalkan di pameran Periklindo Electric Vehicle Show atau PEVS 2022 dan mendapatkan pembaruan.

Sebagai kendaraa listrik, tempur hanya cukup menggantikan daya baterai atau SWAP dalam waktu cukup 9 detik saja. Baterai tersebut saat ini mempunyai baterai station 450 titik di daerah Jabodetabek dan Bali yang berada di Alfamart, Shell dan Alfamidi.

Sebagai tambahan informasi, Smoot menambahkan untuk garansi baterai dari motor ini seumur hidup. Untuk harga satu unit dari motor Tempur generasi kedua ini dibanderol seharga Rp16 juta on the road Jakarta.

4.  Viar N1 dan N2
Beberapa bulan lalu, PT Triangle Motorindo menghadirkan produk dua motor listrik sekaligus kepada konsumen Indonesia. Kendaraan roda dua itu diberi nama Viar N1 dan N2. Hadirnya produk ini melengkapi line up jajaran motor listrik yang ditawarkan produsen.

Untuk Viar N1 menggunakan motor penggerak tipe BLDC berkekuatan 1.500 watt dengan dukungan satu buah baterai berdaya 60v23Ah. Sedangkan Viar N2 menggunakan motor berkapasitas hampir dua kali lipatnya yaitu 2.000 watt dengan menggunakan dua buah baterai sebagai sumber dayanya 

Untuk harga, Viar N1 dipasarkan dengan harga Rp25 juta, sedangkan N2 dibanderol Rp34 juta untuk wilayah Jabodetabek. Diketahui, model ini sudah mulai di distribusikan ke seluruh jaringan diler perusahaan dengan pilihan warna Soft White.

5. Rakata NX3 dan NX8

Rakata NX3

Photo :
  • VIVA/M Indra Nugraha

Untuk motor listrik terakhir datang dari Rakata NX3 dan NX8. Melalui PT Artas Rakata Indonesia (Rakata Motorcycle) kedua kendaraan tersebut berhasil diproduksi lokal yang berada di pabrik mereka di Bitung, Tangerang, Banten.

Secara spesifikasi, untuk model Rakata NX8 mampu menempuh jarak hingga 100 km dan memiliki kecepatan maksimum 80 km per-jam. Sementara, Rakata NX3 mampu memacu motor sampai dengan kecepatan maksimum 80 km/jam dengan jarak tempuh 80 km.

Bicara soal harga, mereka menawarkan satu unit model Rakata NX8 dengan harga Rp54,75 juta, sedangkan Rakata NX3 dijual harga perdana Rp41,1 juta, dan semuanya sudah on the road Jadetabek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya