Viral lagi Pemilik Moge Minta Boleh Masuk Tol

Touring komunitas moge/Ilustrasi.
Sumber :
  • Westofthei

VIVA Otomotif – Keinginan para pemilik motor gede atau moge untuk bisa menggunakan jalan bebas hambatan alias jalan tol, sebenarnya sudah lama diungkapkan. Namun, sampai saat ini belum juga terwujud.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap

Tahun lalu, ramai pembahasan mengenai alasan mengapa moge berhak masuk tol yang sumbernya berasal dari salah satu video di YouTube. Kini, isu tersebut kembali viral di media sosial.

Pada akun YouTube @Icha BigBike, dikutip Kamis 12 Januari 2023 disebutkan bahwa moge adalah kendaraan yang dibekali dengan mesin berkapasitas besar sehingga layak untuk masuk ke jalan tol.

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini

Presiden Motor Besar Club Indonesia, Irianto Ibrahim yang hadir dalam video tersebut menuturkan bahwa sudah lama ia meminta kepada pemerintah agar mau memberikan izin moge masuk tol.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

“Saya touring ke Amerika, Eropa, Afrika, Australia, Selandia Baru, Bangkok, Singapura, Malaysia, mereka memperbolehkan (moge) masuk tol,” ujarnya.

Deretan motor gede Harley-Davidson.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Bayu Nugraha

Selain lebih sesuai dengan spesifikasi mesin, dengan diperbolehkannya moge masuk ke jalan tol maka lalu lintas di jalur arteri diklaim juga bakal lebih lancar.

Saat ditemui di salah satu acara MBCI beberapa waktu lalu, Irianto juga pernah mengungkapkan bahwa apabila keberadaan moge pada hari kerja dianggap mengganggu para pengguna jalan maka setidaknya kendaraan bongsor itu diperbolehkan untuk masuk ke jalan bebas hambatan di akhir pekan.

“Enggak setiap hari masuk tol, tiap Sabtu dan Minggu saja kami minta diizinkan masuk tol,” ujarnya.

Touring Harley-Davidson

Photo :
  • viva.co.id/Jeffry Sudibyo

Rian tak mempersoalkan, jika tiap perjalanan pengguna moge yang masuk tol nantinya mendapat pengawalan oleh polisi. Terkait aturannya dia menyerahkan kepada Korps Lalu Lintas Polri.

"Kami bisa mengontrol diri, bila diizinkan masuk tol. Nanti berapa motornya dan batas kecepatan motor di jalan tol, diserahkan pada kepolisian,” kata dia menambahkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya