Rem Nmax Bermasalah, Biaya Servisnya Rp6 Juta

VIVA Otomotif: Yamaha Nmax diservis di bengkel
Sumber :
  • Facebook Bekakas

VIVA Otomotif – Yamaha Nmax menjadi salah satu sepeda motor, yang membuat gempar Indonesia saat kehadiran perdananya di 2015. Kendaraan ini hadir dengan konsep skuter matik bongsor, dan memiliki desain yang menarik.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Saat pertama dijual, harganya mulai dari Rp23 jutaan on the road DKI Jakarta dan setiap bulan diproduksi sebanyak belasan ribu unit. Tidak hanya dijual di Indonesia, motor tersebut juga dikapalkan ke luar negeri.

Generasi terbarunya yang saat ini dipasarkan dengan banderol mulai Rp31 jutaan OTR DKI Jakarta, dibekali dengan beragam teknologi canggih. Misalnya, fitur Variable Valve Actuation yang mampu mempertahankan tenaga dari kecepatan rendah hingga tinggi sehingga mesin akan lebih responsif saat berakselerasi.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Yamaha NMax 2018

Photo :
  • Jeffry Yanto Sudibyo - VIVA

Nmax juga sudah mengusung desain mesin baru milik Yamaha, yaitu Blue Core. Skutik yang mengusung mesin berkapasitas 155cc ini diklaim sangat efisien, baik dalam hal tenaga maupun bahan bakar yang digunakan.

Pak Prabowo, Jangan Lupa Janjinya Bikin Indonesia Produksi Mobil dan Motor Sendiri

Sistem pengereman tersedia dalam pilihan cakram biasa, serta yang dilengkapi oleh teknologi Anti-lock Braking System alias ABS. Fungsinya menjaga traksi antara ban dan aspal tetap ada, meski dilakukan pengereman mendadak di jalanan licin.

Cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan sensor dan komputer, yang akan memantau putaran roda serta kecepatan motor. Apabila terdeteksi roda berhenti bergulir namun kendaraan masih bergerak, maka ABS bakal mengurangi tekanan kampas agar ban tidak selip.

Sayangnya, kecanggihan tersebut harus dibayar mahal oleh pemilik apabila sistem mengalami kerusakan. Seperti yang diungkapkan salah satu pengguna Nmax, dikutip dari laman Facebook Bekakas Kamis 19 Januari 2023.

“Di nyatakan rusak modul ABS nya sama bengkel resmi, harga part nya bisa beli motor bebek secon 6jt. Pertanyaan nya kalau abs udah rusak tapi ga di benerin apakah ada dampak ke yang lain mbah ato cuma rem abs nya ajah yang mati,” tulis pemilik Nmax tersebut.

“Motornya bentukan nya emang gagah dan kencang mbah, tapi kalau rusaak yaaaa sudahlah,” komentar salah satu warganet.

VIVA Otomotif: Keluhan pengguna Yamaha Nmax ABS di Facebook

Photo :
  • Tangkapan layar Facebook Bekakas
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya