Pro Kontra Turun dari Motor saat Isi Bensin, Begini Aturannya

Motor Isi Bensin di SPBU.
Sumber :
  • Antara.

VIVA Otomotif Baru-baru ini beredar video di media sosial, tentang pengendara motor yang mengisi bensin tanpa turun dan kemudian menjadi viral serta mendapat banyak respons dari warganet.

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Dilansir dari laman Instagram @makassar_iinfo, Selasa 28 Februari 2023, awal mula tayangan itu jadi sorotan yakni saat pemotor selesai mengisi bensin dan langsung meninggalkan lokasi dengan cepat.

Tanpa ia sadari, lantai merah yang ada di bawahnya basah dan licin sehingga membuat ban selip dan pemotor beserta pembonceng terjatuh.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Persediaan BBM di Bali Masih Aman

Salah seorang warganet kemudian memberi komentar, bahwa kecelakaan itu diakibatkan karena pengendara tidak turun dari motor saat mengisi BBM. Warganet lainnya kemudian berkata bahwa tidak ada aturan yang mengharuskan pemotor untuk melakukan itu.

Motor Isi Bensin di SPBU.

Photo :
  • Antara.
Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka

Beberapa sepeda motor matik yang saat ini dipasarkan, dibekali dengan tangki bensin yang lubang pengisiannya bisa diakses tanpa pengendara harus turun dan membuka jok.

Sistemnya mirip dengan motor model sport, di mana tangki bensinnya berada di depan pengendara. Ketika tiba di stasiun pengisian bahan bakar umum alias SPBU, mereka bisa santai duduk di jok sembari petugas mengisi bensin ke dalam tangki.

Pengisian BBM dengan cara itu memang membuat nyaman para pengendara motor, namun hal itu tidak bisa dilakukan di semua SPBU. Salah satunya Shell, yang menerapkan aturan turun dari motor ketika hendak mengisi bensin.

Tujuan dari dibuatnya aturan tersebut, yakni untuk memudahkan proses penanggulangan apabila terjadi hal-hal yang membahayakan seperti kebakaran.

Sementara untuk SPBU milik Pertamina, beberapa waktu lalu Vice President Corporate Social Responsibility and SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman mengatakan bahwa perusahaannya mulai menegakkan aturan itu.

Pelanggan kendaraan roda dua nantinya diwajibkan turun dari motor, dan berdiri di samping motor yang berseberangan dengan posisi operator.

“Untuk transaksi pembayaran secara tunai, dianjurkan menggunakan uang pas sesuai nilai transaksi. Petugas SPBU maupun pelanggan harus tetap menjaga jarak minimal 1 meter, atau sesuai dengan tanda yang akan disiapkan,” tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya