Gara-gara ini Ratusan Bule di Bali Enggan Pakai Helm

Bule di Bali Ngamuk dan Bentak Polisi saat Hendak Ditilang
Sumber :
  • Instagram

VIVA Otomotif – Satlantas Polres Badung, Bali terus melakukan kegiatan patroli keliling, dalam menjaga disiplin berlalu lintas. Hal itu dilakukan, menyusul maraknya kasus pengendara motor yang tidak mengenakan alat keselamatan wajib.

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae

Meski patrol rutin diadakan, masih terdapat sejumlah pengendara motor yang melakukan pelanggaran, terutama tidak menggunakan helm baik Warga Negara Asing (WNA) maupun warga lokal.

Selama dua pekan terakhir, jajaran Satlantas Polres Badung telah menindak sekitar 535 pelanggar, yang didominasi oleh WNA alias bule sebanyak 123 orang.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

“Mayoritas dari mereka tidak menggunakan helm saat berkendara, meskipun ada beberapa yang membawa helm tapi tidak mengenakannya,” ujar Kasatlantas Polres Badung, Iptu Ni Putu Meipin Ekayanti dikutip dari laman Korlantas Polri, Selasa 21 Maret 2023.

VIVA Otomotif: Polisi menindak turis asing yang tidak mengenakan helm

Photo :
  • NTMC Polri
Melodi Bali Memukau New York: Navicula dan Endah N Rhesa Luncurkan Album "Segara Gunung"

Ni Putu menjelaskan, bahwa sebagian besar pelanggar yang ditindak adalah turis asing, dan alasan mereka tidak menggunakan helm karena merasa lebih nyaman tanpa helm saat pergi ke pantai.

“Pihak kepolisian sudah menyampaikan, bahwa penggunaan helm sangat penting saat berkendara,” tuturnya.

Sosialisasi tentang pentingnya penggunaan helm dan keselamatan berlalu lintas juga telah dilakukan kepada rental-rental motor untuk disampaikan kepada para penyewa motor, terutama turis asing.

Sanksi tindakan tilang diberlakukan bagi pelanggar yang membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, tetapi tidak memiliki SIM internasional atau tidak menggunakan helm.

Sedangkan bagi pelanggar yang tidak memiliki SIM internasional, tidak menggunakan helm, dan membawa STNK, kendaraannya akan disita.

Beberapa wilayah yang banyak ditemukan pelanggar adalah Kuta Utara, terutama di sekitar lapangan Tibubeneng, simpang Deus, dan simpang Lio. Namun, beberapa hari terakhir terlihat sudah berkurang turis asing yang tidak menggunakan helm di sekitar Kuta Utara.

“Saat ini sudah mulai terlihat tertib menggunakan helm di simpang Lio Square, setelah awalnya banyak pelanggar yang ditindak. Mungkin karena mereka mulai sadar akan pentingnya penggunaan helm saat berkendara,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya