Tips Atasi Rangka Sepeda Motor yang Berkarat

Ilustrasi sepeda motor berkarat
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Ketika rangka sepeda motor menunjukkan tanda-tanda karat meski usia penggunaannya masih muda, tentu menjadi kekhawatiran banyak pemilik kendaraan. Fenomena ini cukup ramai diperbincangkan belakangan ini.

Terungkap, Ini Alasan Motor MotoGP Tak Pakai Starter untuk Menyalakan Mesin

Buat kamu yang menghadapi masalah ini, terdapat beberapa langkah yang dapat ditempuh. Jika kerusakan terjadi akibat penggunaan wajar dan bukan karena faktor usia, kamu bisa langsung menghubungi layanan pabrikan untuk meminta solusi, mulai dari perbaikan hingga penggantian.

Namun, untuk kamu yang mencari solusi di luar jaminan pabrikan, Dhany Ekasaputra, Promotion Manager Autochem Industry, memberikan beberapa saran. 

Baru Tahu Pengguna Mobil yang Cipratkan Air ke Orang Bisa Kena Denda

Ilustrasi sepeda motor berkarat

Photo :
  • Pixabay

Menurutnya, karat pada rangka biasanya terjadi akibat interaksi antara logam dengan udara lembab. Jika telah terjadi karat, pertama-tama, kamu perlu menghilangkan titik-titik karat tersebut. Ini bisa dilakukan dengan mengampelas area yang berkarat atau bahkan menggantinya jika diperlukan.

Pembatasan Usia Kendaraan di Jakarta: Antara Langit Biru dan Perekonomian

Setelah pembersihan, kata Dhany, penting untuk melapisi area yang telah dibersihkan dengan minyak atau cat untuk mencegah karat menyebar. 

Meskipun lapisan minyak mungkin tidak bertahan lama, terutama saat terkena air atau panas, menggunakan cat bisa menjadi solusi yang lebih tahan lama. 

“Kalau cat, akan lebih tahan lama meski ketebalan cat menjadi tolak ukur seberapa kuat perlindungan logam terhadap karat,” jelas Dhany, dikutip dari ANTARA Rabu, 6 September 2023.

Rangka sepedamotor Honda kropos

Photo :
  • Istimewa

Selain itu, bagi pemilik sepeda motor yang menghadapi masalah karat, dianjurkan untuk secara rutin menyemprot rangka motor dengan cairan anti-karat. Ini akan membantu melindungi rangka dari potensi kerusakan lebih lanjut.

Isu rangka sepeda motor yang berkarat, khususnya pada Honda, memang telah menjadi sorotan di berbagai media belakangan ini. Khususnya rangka eSAF, yang pertama kali diperkenalkan melalui Honda Genio pada 2019. 

Rangka jenis ini dirancang khusus untuk kualitas dan bobot yang ringan, memudahkan manuver di jalan. Proses produksinya melibatkan teknologi mutakhir, termasuk pengelasan laser, untuk meningkatkan stabilitas dan kenyamanan saat berkendara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya