Kawasaki Ninja Listrik Siap Mengaspal, Ini Spesifikasinya

VIVA Otomotif: Motor listrik Kawasaki Ninja E-1
Sumber :
  • Bikesrepublic

Australia – Motor listrik semakin menjadi perbincangan hangat dalam industri sepeda motor, dan perusahaan otomotif terkemuka Kawasaki tidak ingin ketinggalan.

Mobil Sport Listrik Ini Akhirnya Bisa Dipesan, Harga Rp1,1 Miliar

Mereka telah berhasil melewati sertifikasi CE di Australia beberapa minggu yang lalu, dan kabarnya tengah bersiap-siap untuk meluncurkan dua model sepeda motor listrik, yaitu Ninja E-1 dan Z E-1, ke pasar Eropa dalam beberapa bulan mendatang.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Bikesrepublic, Rabu 20 September 2023, Kawasaki yang selama ini dikenal dengan mesin pembakaran dalamnya, memasuki dunia sepeda motor listrik dengan kedua model ini.

Mengecas Mobil Listrik Nantinya Cuma Butuh Waktu 10 Menit

Ninja E-1 dan Z E-1 memiliki desain yang berbeda; Ninja E-1 hadir dengan desain full fairing sporty, sementara Z E-1 merupakan sepeda motor tanpa fairing. Keduanya memiliki performa setara dengan sepeda motor 125cc, yang memerlukan lisensi A1 untuk pengendaraannya di Eropa.

VIVA Otomotif: Motor listrik Kawasaki Ninja E-1

Photo :
  • Bikesrepublic
Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Kedua model ini memiliki dinamo 5 kilo Watt yang mampu menghasilkan hingga 9 kW daya, setara dengan 12.1 daya kuda, serta torsi sebesar 40.5 Newton meter.

Keduanya juga dilengkapi dengan baterai yang dapat dilepas, dengan total kapasitas baterai mencapai 60Ah. Ini memberikan mereka kemampuan penyimpanan energi hingga 3.024 kWh, dengan tegangan terukur sebesar 50.4V.

Dalam hal jangkauan, keduanya dapat mencapai sekitar 61.7 kilometer per pengisian dengan konsumsi energi rata-rata sekitar 49Wh per kilometer.

Namun, dalam kondisi uji WMTC Kelas 1, Kawasaki mengklaim bahwa mereka dapat mencapai kecepatan 72 kilometer per pengisian. Waktu pengisian baterai dari 0 hingga 100 persen memerlukan sekitar 3 jam 42 menit.

Kedua model ini juga memiliki struktur yang serupa dengan rangka trellis baja dan suspensi yang sama. Keduanya menggunakan sistem pengereman cakram tunggal di bagian depan dan belakang.

VIVA Otomotif: Motor listrik Kawasaki Z E-1

Photo :
  • Bikesrepublic

Dalam hal spesifikasi, Ninja memiliki berat 140 kg, sedangkan Z lebih ringan dengan berat 135 kg. Keduanya memiliki tinggi tempat duduk 785 mm dan jarak sumbu roda 1.370 mm. Z juga memiliki ground clearance yang lebih tinggi, yaitu 170 mm.

Selain itu, kedua model ini dilengkapi dengan dua mode berkendara standar: Eco dan Road, yang memungkinkan pembatasan kecepatan. Diperkirakan bahwa Kawasaki akan meluncurkan resmi kedua model ini pada EICMA SHOW 2023, dan diharapkan tersedia di pasar sebelum pergantian tahun.

VIVA Otomotif: Motor listrik Kawasaki Z E-1

Photo :
  • Bikesrepublic
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya