Kredit Motor Masih Jadi Primadona Konsumen

Booth Honda di IMOS 2023
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta, 8 November 2023 – Sepeda motor hingga saat ini masih menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, hal ini dibuktikan dari angka penjualannya secara domestik telah mencapai 4,7 juta unit di periode Januari-September 2023 seperti yang disampaikan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, beberapa waktu lalu. 

Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Saat membeli kendaraan roda dua, skema Kredit ternyata masih menjadi primadona di kalangan masyarakat karena mereka bisa membayar kendaraan secara berkala selama periode waktu tertentu.

Booth Honda di IMOS 2023

Photo :
  • Dok: AHM
Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Benny Setiawan Susilo selaku New Motorcycle Division Head FIF Group menyampaikan bahwa saat ini animo pembiayaan secara kredit di sektor sepeda motor meningkat 20-30 persen dibandingkan tahun lalu.

"Pertumbuhan (pembiayaan kredit sepeda motor) mengalami pertumbuhan berkisar 20-30 persen dibandingkan tahun lalu," ujarnya saat ditemui di Jakarta, dikutip VIVA Otomotif

BI Catat Penyaluran Kredit Baru Kuartal I-2024 Tumbuh Positif, Ada Tapinya

Benny menambahkan bahwa FIF Group sebagai penyedia fasilitas pembiayaan sepeda motor Honda saat ini menargetkan catatan penjualan motor Honda akan mencapai sekitar 4,8 hingga 4,9 juta unit untuk tahun 2023. 

"Kita harapannya hingga akhir tahun ini Honda bisa mencatatkan penjualan sekitar 4,8 hingga 4,9 juta untuk tahun ini," tuturnya. 

Ia juga mengungkapkan bahwa kredit sepeda motor, khususnya merek Honda masih sangat laris hingga saat ini. 

"Kita lihat masih laris (kredit sepeda motor Honda), balik lagi kita lihat segmenkonsumen kita. Bila moda transportasi umum masih belum terintegrasi dengan baik, rasanya sepeda motor masih menjadi pilihan yang terbaik dan ekonomis hingga saat ini," jelas Benny. 

Honda luncurkan motor listrik perdana EM1 e:

Photo :
  • Arianti Widya

Untuk diketahui, pihak FIF Group telah menyediakan pelayanan kredit motor untuk motor listrik Honda EM1 e: bahkan sampai saat ini sudah ada sekitar 10 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk motor listrik, yang baru saja meluncur di ajang GIIAS 2023 Agustus lalu.

"Untuk Honda EM1 e: saat ini sudah ada inden kurang lebih 10 konsumen, tapi pengiriman pertama dari Astra Honda Motor pada Desember 2023," kata Benny. 

Sebagai informasi, Honda EM1 e: dibanderol mulai dari Rp 40 Juta hingga Rp 45 Juta dengan rincian harga unit sepeda motor senilai Rp30 juta sampai Rp35 juta, dan baterai seharga Rp10 juta sampai Rp12 juta.

Kinerja Kuartal Ketiga 

FIFGROUP yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk dan menjadi bagian dari Astra Financial, membukukan kinerja positif pada Kuatal-III 2023. 

FIF berhasil membukukan penyaluran pembiayaan sebesar Ro31,8 triliun hingga kuartal-III 2023 dengan pertumbuhan year-on-year sebesar 28,1%. 

Pertumbuhan positif juga dapat dilihat secara unit yang dibiayai oleh FIF yang mencapai 2,4 juta unit atau naik sebesar 19,9% atau 20% year-on-year. 

"FIF terus mengoptimalkan pengembangan teknologi dan keterhubungan bisnis di dalam maupun di luar Astra guna memperkuat ekosistem bisnis FIF secara internal yang didukung denga kontrol di jaringan kami," kata Presiden Direktur FIFGROUP, Margono Tanuwijoyo. 

"Hal ini diharapkan dapat mempertahankan customer lifetime value yang dimiliki oleh FIF dan kolaborasi baik di ekosistem Astra," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya