Kawasaki Siap Pasok Motor Listrik untuk IKN

Kawasaki Ninja e-1
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

Jakarta, 20 November 2023 – PT Kawasaki Motor Indonesia pekan lalu resmi meluncurkan dua motor listrik terbarunya di Indonesia, yaitu Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Kedua sepeda motor listrik tersebut hadir dengan desain yang sporty dan futuristik, serta performa yang setara dengan motor bermesin konvensional kelas 125 cc.

Ninja e-1 memiliki desain full-fairing yang aerodinamis, sedangkan Z e-1 memiliki desain minimalis yang agresif. Keduanya sama-sama dibekali dengan motor listrik bertenaga 6,8 daya kuda (maksimum 12,2 dk), serta mampu menghasilkan torsi 29 Newton meter.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Motor listrik Kawasaki ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, seperti e-boost yang memberikan akselerasi lebih kuat selama 15 detik dan Walk Mode untuk memudahkan pengendara bermanuver di tempat parkir.

Baterai Kawasaki Ninja e-1

Photo :
  • Dok: KMI
Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

KMI mengungkapkan rencananya untuk memasarkan motor listrik tidak hanya ke konsumen ritel, tetapi juga pemerintah. Hal ini diungkapkan oleh Head Sales and Promotion KMI, Michael C Tanadhi.

"Rencananya selain untuk retail, kami mau membidik juga pemerintahan. Jadi kalau memang dibutuhkan untuk IKN (Ibu Kota Negara), kami sudah siap juga. Bentuknya fleet," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di Jakarta Pusat saat peluncuran.

Michael menjelaskan, Kawasaki memfokuskan penjualan motor listrik sebagai langkah awal perusahaan dalam memasuki era elektrifikasi di Tanah Air.

Strategi Kawasaki untuk motor listrik adalah memprioritaskan konsumen yang peduli lingkungan, dan masih menginginkan produk yang berbeda dari yang lain.

Sebagai informasi, Ninja e-1 rencananya akan dipasarkan di harga Rp149.900.000 on the road DKI Jakarta, sementara untuk Z e-1 banderolnya adalah Rp146.900.000 OTR DKI Jakarta.

Proses pengiriman kedua tipe tersebut akan dilakukan mulai tahun depan, yakni pada Maret 2024, dan unit didatangkan secara utuh dari Thailand termasuk baterai, yang pada satu unit terdapat dua dan harga satuannya Rp45 juta.

Ninja e-1 dan Z e-1 dibekali dengan dua baterai lithium-ion yang dapat dilepas. Pengisian daya baterai rata-rata 3,7 – 4 jam untuk full charge, dan 1,6 – 2 jam untuk pengisian daya kurang lebih 20 persen ke 85 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya