Daftar Sepeda Motor India di Indonesia, Ada yang Punya Pabrik Lokal

Royal Enfield Himalayan 452
Sumber :
  • Motorcyclesports

Jakarta, 28 November 2023 – Pasar sepeda motor Indonesia sampai saat ini masih didominasi oleh pabrikan Jepang, seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Royal Enfield Sewakan Motor untuk Berpetualang di Indonesia

Namun, ada beberapa pabrikan motor asal India yang berusaha menunjukkan eksistensinya di Tanah Air. Hal itu dilakukan sudah sejak lama, yakni mulai era 2000-an.

Dari penelusuran VIVA Otomotif, berikut ini adalah daftar motor merek India yang pernah maupun masih dipasarkan di Indonesia:

Jeep Wrangler Facelift Meluncur, Segini Harganya

Royal Enfield

VIVA Otomotif: Royal Enfield Super Meteor 650

Photo :
  • Dok: Royal Enfield
Suzuki Nex II Edisi 2024 Mengaspal, Ini Perubahannya

Royal Enfield adalah salah satu merek motor tertua di dunia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1901 di Inggris, namun kemudian diakuisisi oleh Eicher Motors yakni perusahaan otomotif India, pada tahun 1994.

Di Indonesia, Royal Enfield menawarkan berbagai macam motor, mulai dari motor klasik hingga motor modern. Model pertama yang diperkenalkan beberapa tahun lalu adalah Royal Enfield Classic, yang tersedia dalam pilihn mesin 350cc dan 500c.

Melihat antusiasme yang cukup tinggi, mereka kemudian mendatangkan beberapa model lain seperti Himalayan, Continental GT, Scram 411, dan Interceptor. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp118 jutaan.

Bajaj

Bajaj dikenal sebagai produsen kendaraan beroda tiga, yang banyak berseliweran di DKI Jakarta. Namun, perusahaan asal India itu juga pernah memasarkan sepeda motor di Indonesia.

Kehadiran sepeda motor Bajaj di Indonesia dimulai pada tahun 2006, dengan peluncuran Pulsar 180 UG III yang langsung mendapat sambutan yang positif dari konsumen berkat desain sporty dan performanya yang tangguh.

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS

Photo :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

Pada tahun-tahun berikutnya, Bajaj menghadirkan Pulsar 135, Pulsar 200, Pulsar 220F, dan Pulsar 200NS. Mereka kala itu menggandeng Kawasaki, untuk memasarkan produk yang dibuat bersama-sama. Namun, kiprah Bajaj di Tanah Air harus disudahi pada 2013.

TVS

Pabrikan otomotif yang berbasis di Chennai ini memiliki fasilitas produksi di Indonesia, dan sampai sekarang masih beroperasi. Perusahaan juga memasarkan beberapa sepeda motor buatan mereka secara lokal.

TVS menjadi satu-satunya merek otomotif asal India, yang saat ini bergabung di dalam Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia alias AISI. Produk terbaru mereka, TVS Ronin belum lama ini diperkenalkan di Tanah Air.

VIVA Otomotif: Peluncuran TVS Ronin di Jakarta Fair 2023

Photo :
  • Dok: TVS
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya