Pertamina Enduro dan RSV Helmet Gelar Acara Balap Motor Perdana

Balap motor Pertamina Enduro RSV Racing Championship 2023
Sumber :
  • VIVA/Arianti Widya

Bogor, 10 Desember 2023 – RSV Helmet dengan Pertamina Enduro secara resmi menyelenggarakan kompetisi balap motor terbaru di Tanah Air, bernama Pertamina Enduro RSV Racing Championship 2023.

ITDC Umumkan Tiket MotoGP Mandalika 2024 Didiskon 50 Persen

Ajang ini merupakan balap resmi, diselenggarakan di bawah naungan Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai pengawas. Sirkuit Sentul Karting di Bogor, Jawa Barat, dipercaya sebagai arena penyelenggaraan perdana.

Totalnya, ada 16 kelas yang diperlombakan dalam Pertamina Enduro RSV Racing Championship. Panggung tertinggi disiapkan untuk 5 kelas utama motor bebek underbone 150 cc, dan 6 kelas pendukung motor matic.

Masa RAFI 2024, Konsumsi Avtur Naik 10%

Richard Ryan selaku Executive Director RSV Helmet menyampaikan jika event ini tidak hanya diikuti oleh pembalap bertaraf profesional, tetapi juga diikuti oleh pembalap amatir atau pemula (rookie). 

“Ini kan balapan perdana dari kami, ya kami izinkan untuk pembalap pro untuk ikutan dan kami ingin lihat animonya seperti apa. Tapi ke depannya, kami ingin fokus hanya ke pembalap amatir,” ujarnya di Sentul, Bogor, dikutip VIVA Otomotif

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

“Kalau pembalap pro kan sudah ada targetnya, tapi begitu mendapatkan kelas pendukung (amatir), kami tidak bisa make sure apakah ke depannya mereka ingin ikut lagi atau enggak. Ya, kami lagi baca pasarnya, dan sejauh ini kami akan full untuk pembalap amatir,” tambahnya. 

Balap motor Pertamina Enduro RSV Racing Championship 2023

Photo :
  • VIVA/Arianti Widya

Menurut Richard, pembalap profesional sudah memiliki panggung khusus, seperti Kejuaraan Nasional, Kejuaraan Daerah dan lainnya, “Nah, kami ingin fokus hadiah besar tersebut untuk para pembalap amatir,” 

Richard juga menjelaskan semangat awal dari diselenggarakannya kompetisi ini, yakni bukan untuk menyaingi ajang balap nasional lainnya, seperti Kejurnas Sport atau Piala Kedaerahan dengan level sejenis.

Sebaliknya, dia berharap jika ajang ini menjadi batu loncatan bagus bagi para pembalap pemula yang masih di level amatir, dan bisa membuka peluang emas agar tim-tim besar di level profesional melirik.

Agenda untuk tahun 2024 besok, Pertamina Enduro RSV Championship akan digelar sebanyak lima seri dan tidak hanya berlangsung di Sirkuit Sentul Bogor, melainkan bisa di Semarang dan Surabaya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya