Muncul Sinyal Kehadiran Honda Stylo 125

Honda Stylo 160
Sumber :
  • Dok: AHM

Tokyo, 22 Maret 2024 - Setelah meluncurkan All New Honda Stylo 160 di Indonesia pada awal Februari lalu, kini muncul kabar bahwa sepeda motor yang masuk ke dalam segmen skuter matik itu akan segera diperkenalkan di negara asalnya, yakni Jepang.

Video Anak Kecil Mengendarai Sepeda Motor, Ada Risiko Hukumnya

Namun, ada sedikit perbedaan dari versi Indonesia. Stylo yang akan diluncurkan di Negeri Mahatari Terbit akan menggunakan mesin 125cc, menyesuaikan dengan regulasi SIM di negara tersebut.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Greatbiker, informasi ini diketahui dari gambar paten desain yang diajukan oleh Honda.

Akibat Rem Mendadak, Pengendara Motor Tabrak Pikap hingga Terjungkal

Gambar tersebut menunjukkan desain yang hampir identik dengan Stylo 160, dengan perbedaan utama pada mesinnya. Stylo 125 akan menggunakan mesin eSP+ 125cc, berbeda dengan Stylo 160 yang menggunakan mesin eSP+ 156.9cc.

Perubahan mesin ini dilakukan karena di Jepang, SIM diklasifikasikan berdasarkan kapasitas mesin. Kelompok SIM pertama memungkinkan pengendara untuk mengendarai sepeda motor atau skuter dengan mesin 4-tak dengan kapasitas mesin tidak lebih dari 50cc, dan meningkat hingga tidak lebih dari 125cc, 400cc, dan lebih dari 400cc.

Respons Keluarga Via Vallen Soal Penggerudukan dan Dugaan Penggelapan Motor

Jika Stylo menggunakan mesin 160cc, maka akan masuk ke segmen produk kelas menengah, yang dapat membatasi jangkauan konsumen.

Mesin eSP+ 125cc merupakan mesin utama yang digunakan di pasar Jepang. Hal ini dapat dilihat dari berbagai produk Honda di Jepang yang menggunakan mesin ini, seperti PCX125, Vario 125, CB125R, dan CBR125R.

Mesin ini terkenal dengan efisiensi dan kegunaannya yang setara dengan mesin 160cc yang lebih mahal. Selain itu, mesin 125cc diproduksi secara lokal di Jepang, yang dapat membantu menekan biaya produksi dan membuat produk lebih kompetitif di pasar.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, tampaknya Honda Jepang akan segera meluncurkan All New Honda Stylo 125 di Jepang.

Sedangkan untuk pasar Indonesia, sampai saat ini masih belum ada kabar dari pihak PT Astra Honda Motor apakah Stylo 125 akan diluncurkan juga atau tidak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya