Motor Delapan Silinder Asal China Siap Meluncur

Bocoran motor China bermesin 8 silinder.
Sumber :
  • Carandbike

China – Produsen kendaraan roda empat asal China, Great Wall Motors (GWM) berencana untuk melebarkan sayap ke sektor sepeda motor yang didukung oleh mesin delapan silinder.

Toyota Kijang Tetap Kokoh Meski Tertimpa Kontainer, Warganet: Ini Mah Tank Roda 4

Adapun GWM akan meluncurkan sebanyak dua motor berbasis mesin tersebut. Menurut laporan terbaru, kendaraan tersebut akan dipamerkan paling cepat pada akhir bulan ini di Beijing Auto Show.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Car and Bike pada Jumat, 19 April 2024, GWM dikabarkan sedang membuat dua kendaraan dengan mesin flat-eight, dan salah satu motor tersebut akan menyerupai Honda Gold Wing.

Pengguna Motor Jangan Nekat Lakukan Ini saat Hujan

Diketahui, motor yang menyerupai Honda Gold Wing akan menggunakan mesin yang sama dengan tambahan dua silinder.

Untuk model kedua akan menggunakan konsep motor penjelajah, yang diperkirakan mirip dengan Honda Rune dari awal tahun 2000-an.

Mobil Dibegal Bakal Diganti Rugi Asuransi?

Honda Gold Wing 2021.

Photo :
  • Dok: Honda

Dalam tayangan medsos pribadinya, terlihat Wei Jianjun selaku Presdir GWM, menunjukkan mobil Xiaomi SU7 miliknya kepada tim riset dan pengembangan.

Satu hal yang unik, terlihat ada motor rahasia di divisi RnD yang terungkap, dan diperkirakan adalah produk terbaru dari perusahaan asal China ini.

Motor tersebut diprediksi akan berjenis Cruiser beaar, dengan daya tarik utama di sektor mesin yang mengusung konfigurasi delapan silinder hasil racikan GWM.

Hingga saat ini belum diketahui secara pasti, sepeda motor tersebut akan menggunakan merek apa. Namun diharapkan bakal meluncur dengan nama merek yang baru.

GWM diketahui telah mengajukan paten untuk elemen-elemen motornya. Gambar paten tersebut menunjukkan mesin flat-eight, yang terinspirasi dari mesin flat-six Honda Gold Wing. 

Kapasitas mesin dilaporkan sekitar 2.000 cc, yang lebih besar dari mesin flat-six 1.833 cc dari Gold Wing saat ini. 

Tata letak mesin, dengan transmisi yang dipasang di bawah mesin, kurang lebih sama. Serupa dengan Honda Gold Wing, GWM juga berencana untuk menggunakan girboks semi otomatis dengan kopling ganda. Satu perbedaan unik ada dari segi konfigurasi mesin, di mana motor baru ini akan menggunakan double overhead cams untuk masing-masing kepala silinder

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya