Perang Motor-motor Irit di 2012

Para pekerja merakit sepeda motor di suatu pabrik di Cikarang, Jawa Barat.
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVAnews - Pertarungan pasar motor Indonesia di 2011, diprediksi akan semakin memanas. Para produsen motor mulai berlomba-lomba meluncurkan produk terbarunya dengan teknologi fuel injection.

Seperti diketahui, teknologi fuel injection mampu menyuplai bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik, yang mampu memasok bahan bakar dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin. Teknologi ini tentunya membuat sepeda motor menjadi irit bahan bakar.

Geliat pergantian motor versi karburator dengan injeksi sudah mulai gencar dilakukan PT Astra Honda Motor (AHM). Bisa dibilang produsen motor berlambang sayap ini, paling siap ketimbang kompetitor lainnya.

Saat ini AHM sudah memiliki tujuh model sepeda motor yang sudah mengimplementasikan teknologi PGM-FI, yakni Honda CBR 250R, CBR 150R, PCX, Revo AT, Honda Supra X 125 PGM-FI, Honda Spacy Helm In PGM-FI dan Honda Supra X 125 Helm In PGM-FI.

Honda menargetkan, pada akhir 2013 seluruh varian motornya sudah memakai teknologi injeksi. Itu artinya, tahun depan akan semakin banyak sepeda motor terbaru yang dikeluarkan oleh Honda.

Langkah agresif Honda ini, tidak membuat kompetitor utamanya Yamaha, hanya berdiam diri saja. Yamaha bahkan telah mengumumkan untuk meluncurkan tiga model sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi di awal tahun 2012.

Namun sayangnya, Yamaha Motor Kencana Indonesia belum mau membeberkan ketiga model tersebut. "Ya kita tunggu saja. Modelnya masih rahasia," ujar Service Manager YMKI, Syahrial, beberapa waktu lalu.

Seorang sumber di Yamaha Motor Kencana Indonesia menyebutkan, ketiga motor itu adalah jenis skutik dan bebek. Kemungkinan besar adalah Yamaha Mio Sporty dan Soul, serta Jupiter Z.

Tak mau kalah dari keduanya, Suzuki juga telah memberikan sinyal kesiapannya untuk memanaskan persaingan tersebut. Sumber di Suzuki menyatakan pada tahun 2012, pihak bakal mempersiapkan 2 model sepeda motor injeksi.

Penerapan atau migrasi ke teknologi injeksi memang menjadi suatu keharusan dari setiap produsen sepeda motor Indonesia. Sebab, Indonesia akan menerapkan emisi gas buang euro 3 pada tahun 2014.(umi)

FIFA Terang-terangan Puji Timnas Indonesia
Airlangga Hartarto

Airlangga Hartarto Ajak Kader Golkar Jadikan Bulan Syawal Momen Tingkatkan Kinerja Positif

Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengatakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, harus dijadikan momen meningkatkan kinerja positif, bagi masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024