Melongok "Jeroan" Mio J

Yamaha Mio Injeksi atau Mio J FI
Sumber :
  • Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) siap mengandalkan jagoan terbarunya di kelas matik. Kali ini produsen berlambang garpu tala meluncurkan skutik injeksi pertamanya di pasar motor tanah air.

Skutik yang memiliki tagline 'Semakin Cepat Semakin Irit It's Magic' merupakan komitmen Yamaha untuk ikut masuk ke era injeksi. Sistem pengabutan mesin Mio J menggunakan sistem Fuel Injection (FI) terbaru atau disebut Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI).

Mio J sudah memiliki teknologi Diasil Cylinder dan Forged Piston pada mesinnya. Dengan perpaduan tersebut, Yamaha mengklaim kalau motor ini mampu menampilkan performa tinggi dengan konsumsi BBM lebih irit 30 persen, dengan kelincahan sesuai reputasi Mio.

Lalu apa yang membuat Mio J diklaim bisa irit namun tetap kencang?

Asisten General Manager Service Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM),  M. Abidin, mengungkapkan, putaran bawah Mio J dibuat lebih responsif dan soft. Sehingga tidak perlu membetot gas terlalu dalam untuk menghasilkan putaran mesin yang bertenaga. "Cukup setengah saja, Mio J dapat ngacir secara baik," kata Abidin, Kamis 23 Februari 2012.

Selain sistem pasokan bahan bakar yang menggunakan YMJET-FI, masih ada teknologi lain yang diaplikasi di Mio J. Seperti Diasil Cylinder dan Forged Piston, yang menjadikan jantung Mio J lebih handal, awet, tahan lama.

Menurut Abidin, para tenaga ahli Yamaha mengaplikasi "Low Friction Engine Technology", artinya struktur mesin MIO J memiliki daya gesek yang rendah, akibatnya efek panas pada mesin menjadi lebih rendah, sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.

"Ini disebabkan suhu mesin yang terkontrol dengan baik. Hal ini diaplikasi pada bagian Cam Shaft (ditambahkan bearing khusus) dan Cranksaft Assy sehingga putarannya lebih lembut dan efek panasnya sangat rendah," ujar Abidin.

Tidak cukup itu saja, sistem pendinginannya dilengkapi juga dengan Turbo Fan yang mampu mendinginkan mesin dengan cepat.

Abidin menambahkan, teknik jitu ciptaan insinyur Yamaha ini sesuai dengan berkendara harian kebanyakan bikers di Indonesia, yakni antara 20 sampai 55 km/jam. "YMJET sangat sempurna, karena bisa mengakomodir kebutuhan bahan bakar dengan torsi tenaga yang dibutuhkan," katanya.

Mio J mengusung mesin 4-langkah, 2 valve, SOHC, berpendingin kipas dan berkapasitas 113 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 7,75 PS di putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 8,5 Nm di 5.000 rpm.

Mio J memiliki ruang bagasi cukup luas dengan daya tampung 8 liter. Bagasi ini bisa menyimpan banyak barang seperti jas hujan, sepatu ganti dan tas kecil. Selain itu daya tampung tangki BBM juga lebih banyak yaitu 4,8 liter.

Mio J-FI dibanderol seharga Rp11,99 juta , Mio J CW-FI harganya Rp12,8 juta, Mio J-CW Teen FI seharga Rp12,93 juta. Harga tersebut on the road Jakarta dan sekitarnya.

Yamaha menargetkan penjualan Mio J sebanyak 25-50 ribu unit per bulan. Peresmian anggota terbaru dari keluarga Mio ini akan digelar di Dago Plaza, Bandung, Minggu 25 Februari 2011. (adi)

Syekh Abu Al Sebaa, Seorang Dermawan Penyedia Makan Gratis untuk Jemaah Umrah Meninggal Dunia
VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran

Negara Ini Tuduh Iran sebagai Negara Teroris, Kok Bisa?

Argentina menuduh Iran sebagai pelaku tindakan terorisme. Tuduhan ini muncul setelah lebih dari tiga dekade serangan yang mengakibatkan korban jiwa di Buenos Aires, Argen

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024