Modifikasi Perkawinan Mio-BeAT

Wheeler F-16
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVAnews –  Modifikasi karya anak bangsa memang tidak ada habisnya. Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 tidak hanya dikuasai roda empat dan industri pendukungnya, tapi yang lain.

Jika Anda masuk ke pameran yang digelar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Anda bisa melihat motor Yamaha Mio yang telah dimodifikasi layaknya ATv.

Adalah Wheeler F-16, motor hasil modifikasi Willy Dreeskandar, President Director Franchise F-16 IWA yang bermarkas di Jl Ciledug Raya no 16, Ciledug, Tangerang. Motor ini merupakan gabungan dari motor matik Yamaha Mio dan Honda BeAT.

Wheeler F-16 atau Elang Biru terlihat ciamik karena mirip ATV, dan tidak seperti motor.

5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Elang Biru memiliki tiga roda dan dideksikan untuk tim TNI AU Aerobatic team & Remembering Didik-Dodi, wartawan yang mengalami kecelakaan Sukhoi beberapa bulan lalu.

“Saya merancang sepeda motor yang bisa bergerak dengan suspensi dan steering depan,” kata Willy, di booth F-16, IIMS Hall semi permanent.

Untuk membuat motor ini, Willy mengaku relatif cepat, yakni usai Lebaran lalu hingga sehari jelang pembukaan IIMS 2012.

Menurut sang modifikator yang juga mantan wartawan otomotif ini, meski dalam keadaan menikung, motor dengan tiga roda dibuat agar tidak menghilangkan dinamika motornya. “Meski berbelok kenanan, ya ke kanan namun ban depan tetap menempel karena kami menyematkan suspensi yang independen sehingga kemiringan bodi tak diteruskan ke bagian roda,” kata Willy.

Tidak hanya itu, proyek modifikasi yang kedua ini memang terlihat unik, pasalnya jika dilihat-lihat Yamaha Mio ini menjadi memiliki dua mesin yang terletak di bagian kanan-kiri dibawah batang. “Sebenarnya itu mesin hanya satu, yang sebelah kamuflase alias kosong dan tidak berfungsi,” kata Willy kepada VIVAnews.

Lebih jelas, Willy menerangkan bahwa Wheeler F-16 atau Elang Biru yang memiliki rangka mirip appolo sekaligus menjadi tangki bensin. Lalu dipasangkan 6 shock breaker agar terlihat tema dari dinamika sebuah motor ATV.

Di bagian kaki-kaki, dengan bodi yang menjadi lebih besar disematkan 2 buah velg mobil ring 14 dibalutan ban 160/60. Sedangkan ban bagian belakang menggunakan sebuah velg ring 18 dengan ban 225/40 yang dipasangkan dengan disc brake.

“Mengenai akselerasi motor ini jangan disamakan dengan motor pada umumnya, tapi tetap memiliki tenaga,” terang Willy. “Tapi jangan dibawa kebut, nanti orang tidak bisa melihat motornya,” katanya, sambil tersenyum.

Motor yang memiliki kombinasi warna kuning, biru, hitam, putih ditambah aksen krom serta krom merah, ternyata telah laku Rp55 juta. “Saya belum hitung biaya yang dikeluarkan, tapi ini sudah dibeli," katanya. (eh)

Mobil patroli polisi (FOTO ILUSTRASI)

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Mobil patroli Polsek Setiabudi, yang berhasil dibawa kabur oleh pelaku jambret, yang beraksi di Jalan HR Rasuna Said, Karet, Kuningan, Jakarta Selatan, sudah diketemukan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024