Usai "Disuntik Mati", Siapa Penerus Tiger?

Ilustrasi Honda Tiger.
Sumber :
  • astra-honda.com
VIVAnews
PKS Komitmen Bangun Indonesia bersama NasDem dan PKB hingga Sakaratul Maut
- Kabar cukup mengejutkan datang dari produsen motor Honda di Indonesia, Astra Honda Motor, setelah mengumumkan "menyuntik mati" alias menghentikan produksi motor sport touring legendaris, Tiger.

Suku Bunga BI Naik Diproyeksi Topang Penguatan IHSG, Cek Saham-saham Berpotensi Cuan

Jika menelesik ke belakang, motor sport berkapasitas 200cc telah dipasarkan sejak 1993. Populasi Tiger hingga kini sudah tembus 480 ribu unit, jumlah yang tak sedikit di kelasnya. Tercatat juga ada lebih 155 komunitas Tiger di Indonesia. ()
Alasan PDIP Absen saat Penetapan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih


Keputusan AHM menyetop produksi Tiger tentu meninggalkan kekecewaan pagi konsumen loyal motor tersebut. Tapi bagi peminat yang masih ingin memiliki Tiger, masih tersisa 975 unit yang tersebar di dealer Honda.


Namun di balik keputusan itu, AHM rupanya punya rencana lain untuk motor yang sudah beredar di pasar Tanah Air selama 21 tahun.


Ya
, mereka tengah menyiapkan suksesor Tiger. Lantas seperti apa sosoknya? 


Beberapa spekulasi sudah bermunculan. Santer isu yang berkembang dari sumber di AHM menyebutkan, suksesor Tiger akan mengisi kelas 250cc versi
naked bike
. Atau dengan kata lain, CBR250R yang "ditelanjangi" alias tidak menggunakan
faring
.

 

Nantinya, model ini akan sudah pasti akan mengalami perubahan desain dan spek mesin (Fuel Injection-FI).

 

AHM memang belum mau berkomentar. Mereka seperti sangat hati-hati dan tidak ingin tergesa-gesa. Untuk lebih dulu mempelajari kebutuhan pasar, jangan sampai malah tidak disukai konsumen.

 

"Saat ini kami tengah melakukan proses studi mengenai suksesornya (Tiger)," kata Direktur Pemasaran AHM, Margono Tanuwijaya saat dikonfirmasi.


Tentu proses studi itu akan memakan waktu yang tidak singkat. Bisa sampai 1-2 tahun ke depan. Dalam situasi ini tentu jadi keuntungan bagi kompetitor terkuatnya, Yamaha.


Pos kosong yang ditinggalkan Tiger bakal jadi peluang Yamaha bermain lebih leluasa dengan model yang dimiliki. Pertempuran motor sport pun bakal semakin sengit, jadi kita tunggu saja.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya