FOTO: Motor Penakluk Lumpur Berpenampilan Klasik

Motocross Honda XR600 yang dimodifikasi menjadi motor klasik. Ilustrasi
Sumber :
  • Bikeexif

VIVA.co.id - Honda pernah merajai ajang balap ketahanan Baja 1000 yang diselenggarakan di Meksiko beberapa tahun silam. Dalam ajang ini, pembalap Honda menggunakan motocross tipe XR600, dan berhasil menjadi juara sebanyak 18 kali.

Royal Enfield 600cc Dua Silinder Segera Menyapa

Namun kini, antusiasme masyarakat akan Honda XR600 tampaknya sudah semakin memudar. Mereka lebih tertarik membeli motor jenis adventure yang dipercaya lebih nyaman saat dikendarai.

Untungnya, nasib salah satu XR600 yang ada di Australia, berhasil diselamatkan oleh rumah modifikasi Sixty-Six Motorcycles. Dilansir dari situs Bikeexif, Rabu 28 Januari 2015, motor lansiran 1996 ini dirombak menjadi motor jalanan berpenampilan klasik.

Motor Bebek Jadul Honda Muncul Lagi, Tapi Harganya Mahal

Berbasis di Perth, Australia, Sixty-Six Motorcycles awalnya menemukan motor ini dalam kondisi yang cukup memprihatinkan. Kondisi bodi banyak yang pecah dan rangka motor mulai terserang karat.

Banyak ABG Tergila-gila Motor Klasik CB100

Langkah pertama yang dilakukan adalah mengikis korosi yang ada di rangka, dan kemudian mengecatnya dengan cat dengan teknik powder coating. Teknik yang biasa diterapkan pada peralatan rumah tangga ini dipercaya lebih tahan goresan dan awet, tidak seperti cat biasa yang mudah terkelupas.

Untuk tangki bahan bakar, pemilik rumah modifikasi, Peter Ellery, sempat bingung menentukan model apa yang akan dipilih. Setelah berdiskusi dengan sesama penggemar motor klasik, akhirnya diputuskan untuk memakai tangki bahan bakar milik Honda CB250. Model ini dipilih karena bentuk dan karakter yang ditampilkan sesuai dengan konsep modifikasi.

Komponen lainnya kemudian dibuat dengan tangan, seperti jok dan pelindung kaki pada kenalpot. Mesin berkapasitas 600cc yang menempel pada motor tetap dipertahankan, hanya komponennya saja yang diganti agar dapat berfungsi layaknya motor baru.

Terakhir, Peter melengkapi XR600 berpenampilan klasik ini dengan velg 17 inci dan ban tipe jalanan yang dapat menempel dengan sempurna di aspal. Suspensi depan yang sudah bocor diperbaiki dan ketinggiannya diturunkan sedikit agar sesuai dengan ukuran velg yang lebih kecil dari standarnya.

Dengan modifikasi ini, XR600 yang dulunya lihai melintasi lintasan berlumpur kini berubah menjadi motor jalanan yang berpenampilan klasik dan sederhana.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya